Sukses

Siswa SMA Ciptakan Mesin Penjual Minuman di Loker Sekolah

Liputan6.com, Jakarta Seorang siswa SMA di Kansas, Amerika Serikat, memanfaatkan ruang yang ada di loker sekolahnya untuk membuat sebuah mesin penjual minuman soda otomatis.

Aksi kreatifnya tersebut, kemudian ia rekam menjadi sebuah video, lalu diunggah ke situs youtube dan menjadi viral. Siswa tersebut diketahui bernama Blake Hawkins (17), ia merupakan siswa SMA di Valley Center High School, Kansas, Amerika Serikat. Hasil karyanya yang berupa mesin penjual minuman ringan otomatis tersebut, membuat teman-teman sekolahnya heboh .

Hawkins mengaku, ia membuat mesin tersebut setelah dirinya belajar secara otodidak dari sebuah situs di internet bernama Instructables. Ia mengungkapkan ide kreatifnya tersebut muncul setelah melihat ruang tak terpakai di loker sekolahnya, karena banyak siswa yang sudah tidak lagi menyimpan buku di loker akibat banyaknya siswa yang lebih memanfaatkan perangkat eletronik, seperti buku digital untuk membaca, dibanding membaca dengan menggunakan buku.

"Dengan begitu banyak perangkat elektronik untuk membaca di sekolah yang membuat siswa berpindah dari buku, loker sudah tidak lagi digunakan untuk menyimpan buku, lalu muncul pertanyaan dalam diri saya, mengapa saya tidak memanfaatkan ruang kosong di loker sekolah?”, ungkap siswa berusia 17 tahun tersebut.

Hawkins mengatakan, berkat penemuannya dan video di youtubenya yang menjadi viral tersebut, ia menjadi siswa yang populer di kalangan teman sekolahnya. Ia menjual minuman soda yang berasal dari mesin yang diciptakannya tersebut seharga 75 sen per kaleng, dan ia menjualnya setiap waktu istirahat sekolah.

Namun sayangnya, tidak lama kemudian pihak administrasi sekolah terpaksa menutup Loker yang digunakan Hawkins untuk menjual minuman sodanya tersebut, lantaran dirinya tidak memilikimi izin dari pihak sekolah.

Penulis:

Soyid Prabowo

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Kejam, Bocah Pengidap Polio Dipaksa Makan Kotoran Manusia
Artikel Selanjutnya
Berusia 50 Tahun, Mesin ATM Pertama di London Dilapisi Emas