Sukses

Kades Tlonto Raja Blusukan demi Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Kades yang biasa dipanggil klebun Didik di Tlonto Raja, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan memang sangat diakui dalam bermasyarakat

Liputan6.com, Jakarta Kades yang biasa dipanggil klebun Didik di Tlonto Raja, Kecamatan Pasean, Kabupaten Pamekasan memang sangat diakui dalam bermasyarakat dan mengatasi berbagai permasalahan di desa. Pak kades memang sering turun ke jalan dalam memantau masyarakatnya, agar bisa mengevaluasi permasalahan di desa baik masalah bencana, ekonomi, antar masyarakat, dan kesehatan.

Dalam membuka lembaran baru di awal 2017, Pak kades menyadari bahwa desa ini memiliki potensi yang baik dalam pengembangan destinasi wisata, setelah mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) 28 UTM (Universitas Trunojoyo Madura) memberikan sebuah ide pariwisata.

Pak Kades dan mahasiswa KKN 28 UTM bekerja sama membuat program kerja untuk pengembangan wisata di desa Tlonto raja. Potensi yang dapat dikembangkan diantaranya: air terjun ahatan, air terjun pengantin (bun yato), batu panyeppen, goa gentong, waduk dan lembah sembir.

Kades Tlonto Raja

Dengan semangat yang membara pak kades pun ikut serta dan turun ke jalan dalam pengembangan wisata tersebut. Selama bulan Januari, program kerja pun dijalankan.

Apalagi pada saat proses pembuatan video dan foto wisata, pak kades sangat antusias sekali, padahal banyak sekali hambatan yang dapat mempengaruhi kesehatan dan keselamatan beliau.

“Banyaknya hambatan tidak akan bisa mengalahkan semangat saya. Karena demi terciptanya desa yang terkenal, tidak hanya terkenal tapi untuk memajukan desa dan mengangkat perekonomian di desa”.

“Takok lapar bengal mateh artinya meskipun bahaya menerjang tetap berani menghadapi semua rintangan yang ada di depan mata dengan harapan kesejahteraan” inilah yang tertanam dalam benak beliau. Pungkas kepala desa yang bernama Didik Darmadi.

Tidak adanya pemberitaan dari media membuat desa ini hanya dikenal sebagai desa para nelayan. Karena destinasi wisata di sini banyak yang tersembunyi dari hutan, tebing dan sungai.

Setelah beberapa video dan foto diposting/upload/dibagikan di media sosial. proses pembuatan blog desa pun sudah terealisasikan, jadi siapa saja yang ingin mencari rute dan profil desa ini, bisa mempermudahkan para wisatawan yang ingin berkunjung.

Info bisa didapat di Tlontoraja-pmk.blogdesa.net dan Tlonto raja.pamekasan (instagram). Banyak respon baik dari masyarakat luar yang tidak mengetahui wisata disini. Suatu awalan yang baik bagi perkembangan desa dan kesejahteraan pesisir di Pamekasan.

Penulis:

faris Alkomi

IKOM/UTM) 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini