Sukses

Toleransi dan Kebhinekaan di Perayaan Solo Imlek Festival 2017

Liputan6.com, Jakarta Perayaan Tahun Baru China atau Imlek kerap dirayakan dengan atraksi yang menarik, terutama di kota-kota dengan mayoritas masyarakat etnis China seperti Solo.

Kota Bengawan ini memasang 5.000 lampu lampion dan 12 Patung Karakter Zodiak China sebagai dekorasi perayaan Imlek di ruas jalan Pasar Gede dan Jalan Sudirman.

Tidak hanya itu, serangkaian acara perayaan Imlek dari pesta kembang api, tarian Barongsai, Imlek Fair, hingga pemecahan rekor MURI dengan Aksara Jawa sepanjang 500 meter telah terangkum dalam acara Solo Imlek Festival 2017 yang akan berlangsung hingga Cap Go Meh di 11 Februari mendatang.

Bukan tanpa tema, Solo Imlek Festival 2017 yang diketuai oleh Sumartono Hadinoto mengusung tema “Nusantara Satu, Merajut Kebhinekaan, Memperkokoh NKRI”. Sumartono berharap perayaan ini bisa memotivasi masyarakat dalam menjaga semangat kebersamaan di Kota Solo, yang terkenal sebagai salah satu pusat Kebudayaan Jawa dan juga kota dengan sebagian mayoritas penduduk etnis China atau Tionghoa.

Dalam perjuangan untuk mencapai kerukunan antar etnis, Solo tidaklah tanpa tantangan. Sejalan dengan waktu, kerukunan antar etnis di Solo telah mengalami pemulihan yang cepat dan terbukti salah satunya pada Perayaan Imlek di Solo yang semakin meriah dari tahun ke tahun.

Potret akulturasi dan asimilasi budaya antar keduanya terlihat gamblang dan alami dimana berbagai warga berbondong-bondong memenuhi ruas jalan seakan budaya ini adalah budaya seluruh warga kota.

Persoalan toleransi, saling menghormati yang kian menjadi sorotan berita nampaknya telah usai di tengah-tengah acara Solo Imlek Festival 2017. Tentunya hal ini sinergis dengan tema yang diusung oleh panitia dan menjadi harapan bagi kita semua untuk selalu menjaga Nusantara Satu, Merajut Kebhinekaan, dan Memperkokoh NKRI.

Penulis :

Arif utomo

Citizen Journalist - Sahabat Liputan 6


Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @SahabatLiputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Misteri Tengkorak Perempuan Bertasbih di Lereng Gunung Ceremai
Artikel Selanjutnya
Alasan Bule Pakai Kaus PKI ke Borobudur, Bikin Anggota TNI Luluh