Sukses

Imlek, Indonesia Kaya Suguhkan Bunga Roos dari Tjikembang

Pertunjukan ini diadaptasi dari sastra Melayu Tionghoa berjudul Bunga Roos dari Tjikembang

Liputan6.com, Jakarta - Galeri Indonesia Kaya bersama Titimangsa Foundation mempersembahkan pertunjukan yang diadaptasi dari sastra Melayu Tionghoa berjudul Bunga Roos dari Tjikembang di Auditorium Galeri Indonesia Kaya, Sabtu (04/02/2017).

Pertunjukan ini berkisah tentang Oh Ay Tjing, seorang administratur perkebunan karet di Gunung Mulia, Bogor yang mempunyai seorang Nyai yang sangat dicintai, bernama Marsiti. Demi cintanya pada Marsiti, Ay Tjing rela melawan keluarganya dengan menolak menikahi Gwat Nio, anak dari pemilik perkebunan tempat Ay Tjing bekerja.

Oh Pin Lo, ayah dari Ay Tjing membujuk Ay Tjing untuk melepaskan Marsiti dan menikah dengan Gwat Nio demi martabat keluarga. Ay Tjing yang awalnya bersikeras menolak karena cintaya pada Marsiti, akhirnya menyetujui perjodohan ini.

Marsiti pun bersedia dengan ikhlas hati untuk pergi dari kehidupan Ay Tjing, karena menurutnya, menolak perintah orang tua adalah dosa besar. Kepergian Marsiti ternyata meninggalkan banyak misteri dan kabar yang menggemparkan semua orang.

Bunga Roos dari Tjikembang merupakan teater produksi Titimangsa Foundation yang diadaptasi dari sastra Melayu Tionghoa karya Kwee Tek Hoay yang dimainkan oleh Verdi Solaiman, Vanessa Kalani Ong, Madin Tyasawan, Andi Bersama dan disutradarai oleh Wawan Sofwan.

“Senang sekali rasanya dapat mengangkat karya sastra klasik menjadi seni pertunjukan. Melalui pertunjukan ini, kami ingin menyampaikan bahwa Indonesia kaya sekali akan karya sastranya sehingga masyarakat Indonesia lebih giat untuk mencari tahu dan menjadi lebih minat untuk membaca karya-karya sastra Indonesia,” ujar Wawan Sofwan, sutradara pertunjukan Bunga Roos dari Tjikembang.

Titimangsa Foundation adalah yayasan nirlaba yang dibentuk Happy Salma pada Oktober 2006. Titimangsa bergerak di bidang budaya. Pada awal terbentuknya, Titimangsa ditujukan untuk menjadi wadah seorang Happy Salma menuangkan ekspresi kreatifnya dalam berkesenian. Happy senang menulis dan bermain di panggung teater, maka untuk mewadahi kesukaannya, Happy membuat sebuah badan organisasi.

Saat ini, Titimangsa juga fokus bergerak mewadahi seniman-seniman yang berpotensi tinggi tetapi tidak mempunyai akses menuju publik untuk menunjukkan karyanya.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.