Sukses

Gazpar Araja, Seumur Hidup Akan Memainkan Sasando

Liputan6.com, Jakarta Sosoknya sangat ramah. Laki-laki dari Flores, Nusa Tenggara Timur, ini adalah seorang musikus. Tidak hanya piawai memainkan gitar, ia juga ahli memainkan piano dan sasando. Namanya Gazpar Araja.

Sasando adalah alat musik khas Rote, pulau paling selatan Indonesia. Gazpar yang berasal dari Flores ini sangat piawai memainkan alat musik yang berdawai 32 ini.

Ketertarikan Gazpar pada alat musik ini karena sasando mempunyai keunikan yang tak dimiliki oleh alat musik lain. Sasando adalah gabungan dari tiga alat musik sekaligus: bas, ryhtim, dan melodi.

Gazpar Araja

Sejak tahun 2011, mantan guru ini mulai belajar memainkan sasando. Menurut dia, tak susah untuk mempelajari musik khas rakyat Rote ini. Bisa jadi karena dia sebelumnya adalah gitaris.

Gazpar menceritakan, sasando biasanya dimainkan oleh warga Rote saat menunggu pekerjaan. Kebanyakan pekerjaan orang Rote adalah berternak. Sambil menunggu ternaknya, duduk di bawah pohon, mereka memainkan sasando.

Di acara-acara tradisional, peran sasando juga penting. Tiap ada kematian, perkawinan atau peristiwa budaya, musik sasando dimainkan. Sasando sangat populer di Rote sampai saat ini. Setiap rumah pasti mempunyai sasando dan tiap orang bisa memainkannya.

Selama ini, sering tampil memainkan sasando di acara-acara kementerian ataupun di televisi. Ia pun pernah berkolaborasi dengan musikus lain dalam sebuah konser. Sasando ternyata tak hanya disukai di dalam negeri. Ia juga pernah tampil di Hongkong memainkan alat musik yang memakai daun lontar untuk menimbulkan resonansi itu.

Agar lebih dikenal banyak orang, ia kini juga mengenalkan musik sasando ke sekolah-sekolah menengah di Jakarta. Gazpar yang mempunyai akun Instagram sama dengan namanya ini juga membuka les privat untuk netizen yang ingin belajar musik sasando ini.

Sampai kapan ia akan bermain sasando? "Seumur hidup saya akan terus memainkan sasando," katanya.

Selain menguasai alat musik sasando, gitar dan piano, Gazpar juga mencipta,mengaransemen lagu. Dan ia juga seorang penyanyi. Beberapa karya musiknya diantaranya, Mama, Save Our Nature dan yang paling terbaru "Pacari Kamu".

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
5 Artis Hollywood Kaya Raya yang Berubah Jadi Gelandangan
Artikel Selanjutnya
VIDEO: Memukau, "Indonesia Pusaka" Dimainkan Pianis Tunanetra