Sukses

Ingin Dapatkan Tubuh Ideal? Setop 5 Kebiasaan di Pagi Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Anda tidak makan fast food dan makanan manis untuk waktu yang lama, Anda berolahraga secara teratur, dan melakukan segala cara untuk menurunkan berat badan, tapi nihil. Faktanya, tidak semua orang menyadari 'ritual pagi hari' mereka menentukan keberhasilan untuk mendapatkan tubuh impian.

Melansir dari Brightside dan Womenshealthmag, berikut lima kebiasaan di pagi hari yang harus Anda hentikan jika ingin mendapatkan tubuh ideal:

1. Anda tidur terlalu banyak

Dengan terlalu sedikit tidur, tubuh Anda lebih mungkin untuk menghasilkan hormon kortisol yang meningkatkan nafsu makan. Namun, tidur berlebihan ternyata tidak jauh lebih baik bagi tubuh.

Menurut studi baru-baru ini yang dilakukan oleh Plos One Journal, tidur lebih dari 10 jam dapat menyebabkan indeks massa tubuh yang lebih tinggi. Tidak mengherankan dokter merekomendasikan untuk tidur hanya 7-9 jam setiap harinya.

2. Anda tak menyukai cahaya matahari pagi

Bukalah tirai dan gorden segera setelah bangun. Salah satu studi dalam Plos One Journal menemukan bahwa gelombang biru pada cahaya matahari pagi dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Bahkan 20-30 menit terpapar cahaya matahari pagi sudah cukup memengaruhi indeks massa tubuh.

3. Anda lupa untuk menimbang berat badan

Para peneliti dari Universitas Cornell membuktikan bahwa menimbang badan setiap hari adalah teknik sukses untuk mendorong penurunan berat badan. Waktu terbaik untuk menimbang di pagi hari sebelum makan atau minum apapun. Hal ini dikarenakan Anda telah menurunkan berat air di dalam tubuh semalam, Anda akan mendapatkan angka yang paling akurat.

1 dari 2 halaman

4. Anda makan terlalu sedikit untuk sarapan

4. Anda makan terlalu sedikit untuk sarapan

Para peneliti dari Universitas Tel Aviv berpendapat bahwa Anda harus memanjakan diri dengan makanan yang lezat pagi hari. Bahkan, sarapan seimbang yang mengandung 600 kalori dari protein, karbohidrat, dan beberapa makanan penutupp akan membuat Anda lebih mudah mengikuti rencana diet harian.

Kekurangan asupan saat sarapan hanya akan membuat Anda makan lebih banyak saat makan siang dan makan malam. Hal ini tentu tidak baik untuk program penurunan berat badan yang sedang Anda lakukan.

5. Anda tidak merapikan tempat tidur

Ini mungkin terdengar aneh. Namun sebuah studi oleh US National Sleep Foundation mengungkapkan bahwa orang yang merapikan dan mengatur tempat tidur mereka ketika bangun, perasaan mereka lebih baik. Selain itu, tidur yang sehat adalah cara optimal menuju berat badan yang ideal.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
5 Aplikasi Android Terbaik untuk Atasi Smartphone Panas
Artikel Selanjutnya
Canggih, Meja Ini Bikin Gamers Lebih Nyaman Main Gim