Sukses

Tips Jitu Agar Aktivitas di Smartphone Tak Dimata-matai Google

Semua orang pasti tahu jika Google adalah raja dunia online dan tahu banyak tentang kita.

Liputan6.com, Jakarta - Semua orang pasti tahu jika Google adalah raja dunia online dan tahu banyak tentang kita. Ya, banyak banget produk dan layanan dari Google yang sangat bermanfaat tapi bisa digunakan secara gratis.

Walaupun sebenarnya nggak benar-benar gratis, sebagai gantinya Google melacak aktivitas kita untuk semua layanan yang kita gunakan. Google sendiri telah menyediakan halaman khusus yang disebut my activity, di mana kamu dapat mempelajari informasi apa saja dari kamu yang dilacak dan dicatat oleh Google.

Namun, mungkin ada beberapa hal Google tahu lebih dari kamu tapi kamu mungkin tidak mengetahui hal tersebut. 

Meskipun Google mengumpulkan berbagai informasi dari pengguna layanannya. Namun, sejatinya kamu memiliki wewenang untuk memutuskan apakah Google dapat memata-matai atau tidak. Terdengar mengerikan memang, tapi data-data ini digunakan untuk meningkatkan layanan Google yang juga kamu gunakan saat ini.

Contoh nyata adalah jika tidak ada pelacakan lokasi, maka tidak akan ada yang namanya tanda lalu lintas di Google Maps. Google juga terus mengawasi riwayat penelusuran kamu untuk menghasilkan pencarian yang lebih relevan buat kamu. Selain itu, data ini juga dapat melacak kegiatan yang mencurigakan di akun Google kamu.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini