Sukses

Siapa Bilang Kampung Warna-warni Hanya Tempat Berfoto ?

Liputan6.com, Jakarta Kampung Jodipan, atau yang lebih akrab dengan sebutan kampung warna-warni, kini menjadi salah satu tempat yang paling hits di kota Malang. Wisatawan bukan hanya dari Malang, bahkan kampung warna-warni juga menjadi magnet bagi turis manca negara.

Melihat keunikan kampung ini yang dicat warna-warni setiap rumah dan temboknya, tentu mengundang orang datang untuk berfoto ria di nuansa penuh warna.

“Padahal sebelum seperti sekarang, kampung ini tidak ada yang mengunjungi kecuali warganya sendiri,” ungkap Salis selaku humas dari penggagas kampung warna-warni.

Tapi kini, bukan sekerdar tempat berfoto, kampung Jodipan menjelma menjadi kampung yang memiliki potensi. Baik di bidang ekonomi, hingga menampung kegiatan dan kreativitas warga.

Salis yang juga mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang ini juga mengatakan, “Masyarakat dan komunitas pun ikut serta menghidupkan kampung ini, kini setiap sabtu malam ada pemutaran film di lapangan kampung di dekat sungai."

Ternyata ide Salis dan teman-teman GuysPro yang awalnya hanya ingin mengubah Kampung Jodipan menjadi bersih dan unik, malah memiliki dampak positif yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

Selain kondisi kampung menjadi sehat, ekonomi warga di sana menjadi membaik, karena banyaknya pengunjung yang berbelanja industri kreatif rumahan seperti makanan dan asesoris dari kampung ini.

Bahkan Kampung Jodipan menjadi salah satu sarana anak muda maupun komunitas menuangkan ide kreatifnya. Misalkan komunitas mural yang bergerak di bidang gambar juga ambil bagian menghiasi tembok kampung warna-warni ini dengan gambar-gambar ala anak urban.

Salis berharap, agar nantinya kampung ini terus bergerak positif, bukan hanya untuk warganya tapi untuk semua orang yang mau dan mengembangkan, dan mau membangun kampung ini agar lebih baik lagi.

Penulis:

Ilham Pratama

Universitas Moestopo

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Kahiyang Ayu dan Hyoyeon SNSD Kompak Nge-Pink
Artikel Selanjutnya
Cerita Annisa Pohan Pilih Baju Adat Sesuai Tren Warna Milenial