Sukses

5 Tips Bekerja di Tengah Sibuknya Kuliah Tingkat Akhir

Tips membagi waktu jika kamu ingin bekerja ditengah – tengah sibuknya kuliah.

Liputan6.com, Jakarta Kuliah merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh para siswa, karena dalam dunia perkuliahan banyak mahasiswa yang melakukan kerja paruh waktu guna menambah uang jajan. Namun, apakah mungkin seorang mahasiswa tingkat akhir yang tengah sibuk menjalani skripsi ataupun tugas akhir juga menjalani kerja paruh waktu ?.

Kali ini, Campus CJ akan memberikan tips membagi waktu jika kamu ingin bekerja ditengah – tengah sibuknya kuliah.

1. Pilihlah pekerjaan paruh waktu

Pilihlah pekerjaan yang memungkinkan anda untuk bekerja setengah hari. Pekerjaan paruh waktu memungkinkan anda untuk menyesuaikan jadwal kerja dengan waktu kuliah.

2. Carilah tempat kerja yang letaknya tidak terlalu jauh dari kampus

Lokasi tempat kerja anda sangat menentukan absensi kehadiran anda. Jika tempat kerja anda berlokasi tidak terlalu jauh dari kampus, anda tidak perlu khawatir tentang keterlambatan dan hal – hal mendadak yang perlu anda lakukan di kampus.

3. Utamakan tugas yang mendekati deadline

Jika anda memiliki tugas yang cukup banyak, utamakan tugas yang paling mendekati deadline. Kerjakan tugas sebaik mungkin. Jika anda sudah selesai dengan tugas tersebut, lanjutkan dengan mengerjakan tugas yang lain agar tidak semakin menumpuk.

4. Jangan sering menunda pekerjaan

Kebiasaan kurang baik yang terkadang dimiliki oleh mahasiswa adalah sering menunda pekerjaan hingga menumpuk sehingga untuk mengerjakannya membutuhkan waktu yang sangat lama. Waktu yang tadinya bisa digunakan untuk bekerja digunakan untuk mengerjakan tugas yang menumpuk. Usahakan ketika tugas diberikan, langsung dikerjakan saat itu juga.

5. Gunakanlah agenda untuk manajemen waktu

Terkadang anda sering kesulitan untuk mengatur waktu, gunakanlah agenda untuk melihat jadwal kuliah anda dan perkiraan waktu yang bisa digunakan untuk bekerja.

Sekian tips dari Campus CJ, semoga bermanfaat.

Penulis :
Nadia Donna
Institut Pertanian Bogor


Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini