Sukses

8 Negara Ini Pakai Bahasa Indonesia sebagai Program Studi

Liputan6.com, Jakarta Sebagai warga Indonesia, terkadang kita sering merasa bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa yang sulit. Banyaknya aturan dan kata-kata membuat Anda terkadang pusing untuk mempelajarinya. 

Berbeda dengan delapan negara ini yang justru sangat antusias dalam mempelajari bahasa Indonesia. Penasaran? Berikut delapan negara yang mempelajari bahasa Indonesia menurut IDNTimes.com.

1. Kanada

Banyaknya pekerja asal Indonesia di Kanada membuat negara kelahiran Justin Trudeau ini membuka beberapa tempat kursus dan belajar bahasa Indonesia. Banyak warga negara Indonesia yang memilih Kanada sebagai destinasi kerja mereka karena tingginya pendapatan rata-rata yang ada di negara tersebut.

2. Jepang

Negara yang satu ini termasuk salah satu negara yang mempelajari bahasa Indonesia. Bukan untuk menjajah kembali, tapi karena Jepang merasa bahwa belajar bahasa Indonesia merupakan hal yang penting teringat banyaknya kerja sama Jepang dengan Indonesia. Tokyo University of Foreign Studies (TUFS) membuka Program Studi Bahasa Indonesia yang menjadi salah satu program studi yang paling diminati. Saingan untuk memasuki program studi ini terbilang sangat ketat karena setiap tahun ajaran baru hanya ada 18 mahasiswa yang berhasil.

3. Australia

Sebagai negara tetangga, Australia merupakan salah satu negara yang bisa dibilang cukup dekat dengan Indonesia. Bukan hanya jarak, banyak turis dari Australia yang liburan hingga tinggal di Pulau Bali.

Kedekatan Australia dengan Indonesia membuat negara kangguru ini mempelajari bahasa Indonesia. Salah satu perguruan tinggi di Australia bernama University of Southern Queensland juga membuka Program Studi Bahasa Indonesia.

Bahkan tidak hanya universitas, banyak sekolah dasar di Australia yang mempelajari bahasa Indonesia. Maka tidak heran jika anak–anak di sana sudah bisa, bahkan fasih berbahasa Indonesia.

4. Vietnam

Terbukanya hubungan bilateral antara Indonesia dan Vietnam membuat negara yang satu ini juga mempelajari bahasa Indonesia. Sejak 2007, bahasa Indonesia sudah menjadi bahasa kedua di negara ini.

5. Ukraina

Ukraina merupakan salah satu negara yang merasa bahwa bahasa Indonesia penting untuk dipelajari. Hal ini terbukti dari dibukanya Program Studi Bahasa Indonesia di Taras Shevcenko National University of Kyiv sejak 2013. Pemerintah Indonesia juga tidak segan membayari mahasiswa yang terpilih untuk belajar di program studi tersebut.

6. Korea Selatan

Korea Selatan terkenal karena drama dan musik K-pop-nya di Indonesia. Banyak warga negara Indonesia yang bergaya kekoreaan dan mempelajari bahasa Korea. Namun siapa sangka, negara yang satu ini justru menyukai bahasa Indonesia. Hankuk University of Foreign Studies adalah salah satu universitas di dunia yang memiliki Program Studi Bahasa Indonesia di dalamnya. Salah satu pengajarnya pun asli orang Indonesia yang bernama Tengsoe Tjahjono.

7. Hawaii

Siapa yang sangka jika orang-orang di Hawaii tertarik dengan bahasa Indonesia. Banyak universitas di sana yang diajari bahasa Indonesia. Bahkan tim pengajarnya rela terbang Hawaii–Indonesia untuk mempelajari lebih dalam tentang budaya dan bahasa Indonesia.

8. Suriname

Sebanyak 14% dari penduduk di Suriname merupakan warga negara Indonesia yang berasal dari Jawa. Hal tersebut membuat penduduk di Suriname senang untuk mempelajari bahasa Indonesia.

Banggalah dengan bahasa Indonesia karena terbukti bahasa Indonesia merupakan bahasa yang disukai oleh banyak negara.

Penulis :

Nadia Donna

Institut Pertanian Bogor

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Pemda Brebes Kolaborasi Cosdev Fikom UP Entaskan Kemiskinan
Artikel Selanjutnya
Guru SM3T Adakan Festival Anak Sholeh di Kepulauan Sula, Malut