Sukses

Melihat Langsung Penangkaran Rusa Secara Dekat di Bandung

Liputan6.com, Jakarta Melepas penat usai bekerja selama satu minggu penuh tentunya menjadi saat yang ditunggu-tunggu bagi sebagian besar orang di kota besar seperti Jakarta. Berwisata di tempat-tempat yang indah dan belum pernah Anda kunjungi tentu saja menjadi suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Bagi siapa saja yang berencana untuk mengisi liburan akhir pekan dengan menikmati penangkaran hewan Rusa di Kampung Cai Ranca Upas, Bandung.

Kampung Cai Ranca Upas Adalah objek wisata alam yang terletak Jl. Raya Ciwidey, Patenggang Km 11Rancabali, Ciwidey Bandung Selatan. Ranca Upas memiliki luas area sekitar 215 hektar. Sebagai salah satu kawasan hutan lindung di Bandung.

Objek Wisata di Bandung Selatan ini juga adalah salah satu tempat terkenal sebagai konservasi Fauna jenis rusa yang dibiarkan hidup di alam bebas seperti di habitat aslinya. Menikmati suasana dingin alam pegunungan yang menghampar, sambil melihat serta memberi makanan kepada rusa bisa menjadi sensasi tersendiri bagi Anda.

Untuk kamu yang ingin pergi ke penangkaran rusa Ranca Upas kamu bisa melewati Soreang menuju Ciwidey dengan menempuh selama 2 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Setelah menempuh perjalanan 2 jam, akhirnya sampai juga di depan pintu masuk yang bertuliskan KAMPUNG CAI RANCA UPAS, dari pintu masuk tersebut kamu masih harus menempuh perjalanan lagi kurang lebih 10 menit untuk bisa sampai di penangkaran rusa.

Sepanjang perjalanan di sana kamu akan melihat fasilitas wisata dan memiliki layanan outdoor activity (Camping Ground, Outboand, Adventure). Untuk menikmati  wisata Kampung Cai Ranca Upas itu kamu hanya perlu mengeluarkan biaya per orang Rp 10.000, kemudian untuk kendaraan bermotor Rp 2000, dan untuk mobil Rp 5000.

Di sana pengunjung bisa  turun langsung ke tempat penangkaran rusa, akan melihat penangkaran rusa yang sangat luas beserta pemandangan yang sangat jarang sekali dijumpai seperti di Ibu Kota. Berupa padang rumput yang dikelilingi pegunungan dan ada banyak air mengalir melewati tanah yang tak ditumbuhi rumput.

Perkirakan jumlahnya rusa ada 15 ekor di penangkaran rusa ranca upas. Ada beberapa yang masih bayi menyusui dari induknya, kebanyakan rusa dewasa.

Pengunjung yang datang bisa memberi sebungkus wortel dan bisa memberi makannya langsung dengan menyuapi Rusa tersebut. Namun kamu harus berhati-hati hewan tersebut bisa saja menyeruduk dengan tanduk yang tajam itu ke arah kalian.

Penulis :

Fikri Fauzan

Citizen Journalist - Sahabat Liputan 6

Instagram :

@FikryFauzzan


Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @SahabatLiputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

 

Artikel Selanjutnya
Ular 3 Meter Berkeliaran di Lantai 19 Gedung Pencakar Langit
Artikel Selanjutnya
Kura-Kura Kabur, Kebun Binatang Gelar Sayembara Rp 60 Juta