Sukses

Dio Syaputra, Melewati Proses Panjang untuk Menjadi Dokter Muda

Liputan6.com, Jakarta Dokter, satu kata yang banyak orang tahu adalah hebat, keren namun mahal untuk menggapainya. Tak jarang cita-cita seseorang kandas hanya karena faktor ekonomi. Meskipun kemampuan sudah dimiliki.

Lain halnya dengan M. Dio Syaputra, Pemuda kelahiran pariaman 22 Juni 1990 ini saat ini sedang menikmati karirnya sebagai seorang dokter muda di rumah sakit JMC Jakarta. Bertugas sebagai dokter IGD.

Sebelumnya ia tak pernah berfikir menjadi dokter. Cita-citanya adalah bisa bekerja di kedutaan. Memiliki kakak seorang dokter membuatnya iseng ikut-ikutan mengambil jurusan kedokteran saat kuliah. Kemudian semakin tertarik dengan kedokteran saat menjalani proses pendidikan dan co-ass.

Tepatnya sejak Februari 2013, Dio resmi menjadi seorang dokter. Selesai pendidikan semua dokter diwajibkan ikut program internship di daerah, termasuk dirinya. Sebelum internship Dio pun pernah mengambil clinical elective di Jerman selama 1 bulan di bagian neurotraumatologi. Baru setelah itu ditempatkan di Pasaman Barat, selama satu tahun. Selesai program internship langsung ke Jakarta, dan diterima di RS Jakarta Medical Center.

Bertugas di bagian gawat darurat, membuat Dio harus menangani semua pasien emergency. Caranya pun harus sesuai dengan prinsip triase, yaitu sistem pemilahan pasien sesuai dengan status gawat darurat. Berbagai macam kasus yang terjadi di IGD harus ditangani dengan keilmuan yang ia miliki. Sampai kondisi stabil dan jika diharuskan sesekali konsul ke dokter yang lebih ahli (dokter spesialis).

Modal untuk menekuni profesi ini pada dasarnya sama dengan profesi yang lain yaitu determination atau tekad yang bulat selain dari kemampuan akademik dan keahlian. Dokter juga diharuskan memiliki kemampuan komunikasi yang baik karena berhadapan dengan beragam pasien," ucapnya saat ditanya via telepon.

Waktu luang Dokter Dio biasanya  digunakan untuk ngegym, atau sekedar kumpul dengan teman. Selain itu dia isi juga dengan belajar karena dia ingin melanjutkan pendidikannya sebagai dokter spesialis mata di tahun depan.

Penulis :
Lasmie
Citizen Journalist - Sahabat Liputan6.com


Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @SahabatLiputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.