Sukses

6 Benda Sepele Ini Perlu Diperhatikan untuk Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Pernah tidak terpikir sama kamu bahwa ada barang barang yang memiliki batas pemakaian atau ketahanan pakai pada waktu waktu tertentu. Seperti halnya makanan, minuman, kosmetik dan lainya. Barang barang ini juga memiliki batas “kadaluarsa” bila kita terus memakainya hingga melewati  batas itu akan ada gangguan kesehatan yang serius. Berikut 6 barang tersebut:

1. Sisir

Siapa sangka bahwa sisir memiliki batas pemakaian yang di anjurkan, seperti penellitian yang dilakukan,  Food and Drink Fedeeation, Inggris. Sisir sebaiknya diganti setahun sekali, atau setidaknya rutin untuk dibersihkan beberapa minggu sekali. Hal ini di karena kan, dalam satu helai rambut yang tertinggal di sisir terdapat 50.000 bakteri yang dapat mengganggu kesehatan kulit kepala kita. Terlebih jika sisir
tersebut digunakan dengan cara pemakaian bersama.

2. Sikat Gigi

Kita sudah mendengar bahwa sikat gigi harus dinganti tiap 3-6 bulan sekali. Menurut Persatuan Dokter Gigi Indonesia. Pergantian sikat gigi harusnya dilakukan saat sikat tersebut mulai terasa kasar dan kurang nyaman digunakan. Apabila sikat sudah rusak akan melukai gusi, selain itu sikat gigi yang sudah terlampau lama akan menjadi sarang dari bakteri jahat yang malah akan merusak gigi kita.

3. Bantal

Kira-kira, kapan terakhir kali kamu mengganti bantal tidur mu? Ternyata bantal ridur memiliki ketahanan yang di anjurkan selama 2-3 tahun. Karena apabila bantal sudah mulai menyusut akan mengakibatkan sakit leher yang disebabkan terhambatnya aliran darah, selain itu bantal yang tidak diganti selama beberapa tahun akan menyimpan bakteri yang bisa merusak kulit kepala maupun kulit wajah.

4. Sandal jepit

Sadarkah kamu, sandal jepit yang kita pakai sehari hari juga memiliki batas penggunaan. Tapi bukan hanya sampai sendal itu putus, tapi sendal jepit yang sering dipakai hingga 6 bulan, bisa menjadi sarang jamur di sendal tersebut, apalagi dengan pemakaian bersama. Namun apabila kamu sering menyuci sendal jepit tersebut. Kamu bisa menggunakannya lebih lama tanpa khawatir jamur yang menempel di kakimu.

5. Handuk

Kain yang menyambut kita seusai mandi ini harusnya di cuci setiap 1 minggu sekali. Dan di cuci menggunakan air bersuhu 60° C, dan dicuci
terpisah dari pakaian lainnya. Jika tidak, maka dapat dipastikan bahwa handuk tersebut akan menyimpan banyak bakteri dan jamur yang akan
menyebabkan gangguan kulit, dan bila dicuci bersamaan dengan pakaian lain maka bakteri dan jamur tersebut akan ikut di pakaian tersebut.

6. Colokan listrik

Yang satu ini sering kali luput dari perhatian kita. Colokan listrik memiliki ketahanan 1-2 tahun. Hal ini dikarenakan kuningan penghantar listrik yang terdapat di dalam colokan listrik mulai berkarat dan menipis. Bila ini terus dibiarkan maka akan terjadi arus pendek yang akan berakibat fatal.

Penulis:

Darmawan Syawaldi

Citizen Journalist - Sahabat Liputan 6

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Jangan Telat, Ini Waktu yang Tepat Ganti Perlengkapan Kamar Mandi
Artikel Selanjutnya
1 Hal Tak Terduga Penyebab Jerawat