Sukses

Gunung Prau, Memukau dengan Seribu Bukit yang Mengelilinginya

Liputan6.com, Jakarta Masihkah Anda ingat serial televisi anak-anak Teletubbies?. Di mana empat karakter lucu itu senang bermain di tamannya yang berbukit-bukit. Bayangkan bukit-bukit indah seperti itu benar-benar ada di muka Bumi. 

Jika Anda pernah ke Gunung Prau di Wonosobo, maka puncak gunungnya mirip taman bermain Teletubbies. Bagi Anda yang dari Jakarta, untuk sampai ke Gunung Prau sebenarnya tidaklah susah dan juga tidak perlu merogoh kantong dalam-dalam.

Banyak bus yang menyediakan rute dari Jakarta menuju Dieng, Wonosobo. Dengan biaya 90.000 rupiah, Anda sudah bisa sampai di Terminal Wonosobo. Dan untuk sampai ke Gunung Prau, dari terminal Wonosobo Anda cukup naik angkutan umum jurusan Temanggung dengan biaya 25.000 rupiah. Nantinya angkutan ini akan melewati basecamp Gunung Prau.

Setelah membayar 7.000 rupiah untuk registrasi pendakian, Anda sudah bisa mendaki Gunung Prau. Sepanjang perjalanan Anda akan melihat keindahan alam Desa Temanggung. Udara dingin khas pegunungan akan menemani perjalanan Anda menuju puncak. Satu jam perjalanan Anda bisa melihat Gunung Sindoro, sementara Gunung Sumbing berada di kanan Anda berdiri dengan gagahnya.

Sementara itu, di belakang Anda terhampar pemandangan telaga warna yang berada di Desa Wetan di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut.

Dengan waktu dua sampai tiga jam Anda sudah bisa sampai di puncak Gunung Prau dengan ketinggian 2565 meter di atas permukaan laut. Anda bisa mendirikan tenda di puncaknya untuk kamping. Gunung yang memiliki julukan negeri seribu bukit ini benar benar tidak berbohong soal keindahannya. Gunung ini benar-benar memanjakan mata dan menenangkan jiwa.

Gunung Prau juga menjadi salah satu spot terbaik menikmati terbit dan tenggelamnya matahari. Jika Anda beruntung, maka pada malam hari Anda bisa melihat ratusan bintang-bintang berjatuhan bagai hujan meteor. Dengan keindahan alam yang disuguhkan Gunung Prau, sepertinya tempat ini memang cocok buat Anda untuk menghabiskan sisa libur sebelum memulai kembali rutinitas.

Penulis:

Ilham Pratama

Mahasiswa Universitas Moestopo

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Canggih, Meja Ini Bikin Gamers Lebih Nyaman Main Gim
Artikel Selanjutnya
Kisah Pria Tua Kunjungi Disneyland Setiap Hari Selama 5 Tahun