Sukses

Selamatkan Ikan Mas dari Tumor, Jutaan Rupiah Melayang

Bagi sang pemilik, uang bukan masalah. Asal ikan mas yang telah berusia 20 tahun dan dianggap sebagai keluarga itu bisa selamat.

Liputan6.com, Jakarta - Saat satu keluarga melihat benjolan pada sirip ikan mas mereka yang berusia 20 tahun, mereka tahu ada yang salah. Ikan mas bernama Bob itu pun kemudian dibawa ke dokter hewan terkenal, Dr Faye Bethell.

Setelah diperiksa, Bob ternyata menderita tumor. Ia harus dioperasi secepatnya dan tentu, mengoperasi ikan mas bukanlah sesuatu yang mudah.

"Ini cukup rumit karena semuanya begitu kecil," aku Faye seperti dilansir dari Boredpanda, Jumat (10/02/2017).

Butuh waktu 30 menit untuk melakukan operasi bagi dokter hewan yang tinggal di Norfolk, Inggris itu. Untuk menghapus benjolan dan mengangkat tumor di sirip si ikan mas, butuh ketelitian yang tinggi.

Sang dokter hewan menggunakan miniatur pemantau denyut jantung, memberi bius, dan melakukan operasi dengan peralatan mikro-bedah. Walau sulit, toh akhirnya tumor tersebut berhasil diangkat.

"Ini adalah ikan tertua yang pernah kita operasi. Bob sekarang bisa kembali berenang dengan benar untuk pertama kalinya setelah beberapa minggu," tambah Faye.

- 

Meski biayanya cukup mahal untuk mengoperasi hewan berukuran kecil, sang pemilik yang tak disebutkan namanya mengaku sangat senang. Terlebih, ikan mas yang usianya lebih tua dari anak-anak mereka telah dianggap sebagai bagian dari keluarga.

"Seringkali hewan hidup lebih lama daripada manusia. Dan ini benar-benar bagus saat pemilik ingin menyelamatkan hewan peliharaan mereka," tutup Faye.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini