Sukses

Arisan Cucok, Tenar Berkat Konsep-Konsep Uniknya

Liputan6.com, Jakarta Jika mendengar kata Arisan, tentu yang kita pikirkan adalah kumpulan ibu-ibu. Namun hal tersebut ternyata salah besar. Tradisi Arisan kini sudah menjadi semacam budaya bagi masyarakat indonesia. Di setiap daerah atau kota selalu ada arisan. Bahkan di berbagai kalangan. Mulai dari yang tua atau muda, anak sekolah, mahasiswa ataupun pegawai kantoran sekalipun. Hanya jumlah nominal saja yang menjadi perbedaan.

Di Jakarta sendiri sangat banyak sekali kelompok arisan. Dengan caranya masung-masing mereka membuat keseruan saat arisan. Seperti halnya @arisan_cucooook yang sangat populer di sosial media. Bahkan kini followersnya mencapai lebih dari 18.000 orang.

Menurut Alona sang founder Arisan Cucooook, arisan ini dimulai pada awal tahun 2011. Alasan memilih nama Arisan Cucooook adalah spontanitas. Karena saat itu para anggota sering menyebut kata Cucooook jadi akhirnya namanya Arisan Cucooook. Mengenai nominal arisan pun standar, bisa dibilang tidak banyak.

Memiliki Anggota pertama sebanyak 15 orang, arisan ini selalu menghadirkan beragam konsep setiap bulannya. Hingga jumlah anggota bertambah mencapai 32 orang. Kemudian berkurang menjadi 30 orang. Hingga anggota terakhir saat ini adalah 18 orang.

Untuk proses penerimaan anggota baru pun tidak susah. Seleksi khususnya yang pasti setiap anggota harus mempunyai pekerjaan yang jelas atau pendapatan tetap. Serta seleksi dari bagaimana calon anggota tersebut menggunakan sosial media, ungkap Alona saat ditemui di kawasan senayan.

Yang membedakan Arisan cucooook dengan yang lainnya adalah setiap bulan menghadirkan tema berbeda-beda. Mulai dari kostum anggota, lokasi arisan serta makanan yang disediakan selalu sesuai dengan tema yang ditentukan. Diakui Alona, untuk ide dan budget semua dari anggota sendiri. Sedangkan Untuk Tema sudah ditetapkan sampai bulan terakhir pengocokan Arisan. Jadi semua sudah teratur sangat jelas.

Berbagai tawaran dari media pun berdatangan untuk arisan cucok. Bahkan beberapa anggota mendapat tawaran endorsement. Tujuan dari arisan ini sendiri adalah untuk menjalin silaturahmi. Selain itu mempunyai fungsi ekonomi seperti sarana menabung bagi setiap anggota sehingga masih bertahan sampai saat ini.

Penulis :
Lasmie
Citizen Journalist - Sahabat Liputan6.com


Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @SahabatLiputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

 

Artikel Selanjutnya
Misteri Tengkorak Perempuan Bertasbih di Lereng Gunung Ceremai
Artikel Selanjutnya
Alasan Bule Pakai Kaus PKI ke Borobudur, Bikin Anggota TNI Luluh