Sukses

Cicipi 6 Kuliner Khas Malang Ini, Enaknya Bikin Nagih

Liputan6.com, Malang - Kota yang terkenal dengan iklimnya yang dingin ini ternyata punya banyak destinasi wisata yang diminati oleh turis lokal maupun internasional lho. Ya, Malang memang menjadi salah satu kota di Jawa Timur yang mampu menarik perhatian banyak pasang mata. Selain Alun-alun Kota Malang yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, ternyata ada pula Museum Brawijaya dan Museum Malang Tempo Doeloe yang tak luput 

Tidak hanya terkenal dengan wisatanya, Malang juga terkenal dengan kulinernya lho. Jika kamu memiliki rencana untuk pergi ke Malang, kamu wajib mencoba enam makanan khas Kota Malang yang akan membuat lidah kamu bergoyang.

Berikut beberapa makanan khas malang yang perlu kamu icip:

1. Bakso Malang

Mungkin bakso malang sudah banyak kita jumpai dimana – mana. Namun memakan bakso malang yang asli dari Malang mungkin akan berbeda rasanya. Bakso Malang terbuat dari daging sapi asli yang disajikan bersamaan dengan pangsit goreng, mie kuning, siomay dan siraman kuah hangat yang akan menambah sesasi kenikmatannya. Kamu bisa kunjungi Bakso Presiden Malang dan Bakso Kota Cak Man yang dikenal paling enak di Malang.

2. Soto Kambing

Soto biasanya disajikan dengan daging sapi atau daging ayam, namun kamu dapat menemukan suatu hal yang unik di Kota Malang. Soto kambing khas Kota Malang dapat kamu temukan di pedagang pikulan bagian utara Kota Malang. Soto kambing ini biasanya disajikan dengan daging kambing, toge, usus dan irisan kubis.

3. Menjes Malang

Mungkin kata menjes agak asing ditelinga. Menjes adalah ampas dari tahu yang di fermentasikan. Jika diperhatikan bentuk dari menjes Malang ini bentuknya seperti tempe namun lebih halus. Cara pembuatannya adalah dibalut dengan tepung lalu digoreng.

4. Cwie Mie Mie

Yang satu ini hampir sama seperti mie ayam yang ada di Indonesia pada umumnya. Perbedaannya, mie yang satu ini disajikan bersamaan dengan selada dan ayamnya lebih halus. Kuah yang digunakan pun lebih asin.

5. Sego Goreng Mawut

Sego goreng mawut merupakan perpaduan dari nasi dan mie goreng namun lebih ke nasi goreng. Nama mawut diambil dari bahasa Jawa yang berarti berantakan. Bukan bentuk atau teksturnya yang berantakan, namun kenikmatannya yang berantakan. Rasanya tidak berbeda jauh dengan nasi goreng karena bumbu yang digunakan sama.

6. Rawon Malang

Rawon merupakan makanan khas Jawa Timur. Kamu dapat menjumpai banyak rawon di Kota Malang. Rawon adalah sup daging sapi, tapi yang membuatnya berbeda adalah kuahnya yang berwarna hitam. Warna hitam yang dihasilkan berasal dari kluwek.

Jadi siapkan perut yang kosong untuk mencoba makanan makanan tersebut.

(ul)

 

Penulis:

Nadia Donna

Institut Pertanian Bogor

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Wisata Religi: Tradisi Nyadran Dewi Ayu di Desa Kepetingan
Artikel Selanjutnya
Wisata Sejarah Pekanbaru yang Asyik Dikunjungi