Sukses

Pacar Kamu Emosian Waktu PMS? Ini Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta - Setiap lelaki mungkin pernah atau sering dimarahi oleh kekasinya yang sedang mengalami masa pra menstruasi (PMS) dan terkadang membuat para lelaki berpikir apa yang membuat hal itu terjadi.

Pramenstrual Syndrome atau yang biasa kita sebut dengan PMS merupakan keadaan yang dialami setiap wanita sebelum menstruasi. Biasanya hal ini terjadi sekitar 7 – 10 hari sebelum menstruasi.

Bukan hanya menjadi emosian, seorang wanita yang mengalami PMS juga sering merasakan hal lain seperti kram perut bagian bawah, nafsu makan meningkat, tumbuhnya jerawat di wajah dan rasa nyeri pada payudara.

Ternyata, emosian saat PMS bukan disebabkan karena hormon, melainkan karena adanya gangguan antara Premenstrual Dysphoric Disorder atau yang biasa disingkat PMDD dan reseptor GABA.

Reseptor GABA mempunyai fungsi untuk membatasi aktivitas – aktivitas yang terkait dengan stress dan kecemasan. Dengan adanya gangguan PMDD, hormon akan mengubah bentuk reseptor GABA di otak kecil. Perubahan tersebut membuat sel GABA menjadi sulit untuk mengatur perasaan cemas dan stress.

Hal tersebut tidak dapat dihindari, namun bisa diminimalisasi dengan cara :

1. Olahraga teratur sebelum menstruasi dan lakukan olahraga ringan saat menstruasi.

2. Konsumsi banyak air mineral.

3. Hindari makanan dan minuman berkafein.

4. Hindari rokok dan minuman beralkohol.

5. Konsumsi susu rendah lemak.

 Penulis :

Nadia Donna

Institut Pertanian Bogor

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Saat Sel Telur Berukuran Kecil dan Sulit Dibuahi
Artikel Selanjutnya
Mirip PMS, Kenali 7 Tanda Anda Terserang PMDD