Sukses

20 Hewan Misterius dan Aneh yang Tak Pernah Anda Lihat, Bagian I

Beberapa makhluk berikut ini mungkin tak pernah Anda lihat sebelumnya, malahan banyak yang seperti di luar nalar.

Liputan6.com, Jakarta - Alam senantiasa memiliki rahasia yang belm terungkap. Bahkan hingga sekarang, hewan-hewan aneh masih sering ditemukan. Sebagian besar dari mereka membuka dimensi baru evolusi.

Beberapa makhluk berikut ini mungkin tak pernah Anda lihat sebelumnya, malahan banyak yang seperti di luar nalar. Dilansir dari Unbeliveblefacts, berikut 20 makhluk tak biasa dan jarang diketahui orang:

1. Alligator Snapping Turtle

Merupakan salah satu kura-kura air tawar terberat di dunia. Hewan yang satu ini terkenal dengan rahang yang sangat kuat dan gigitan yang mampu merontokkan tulang Anda. Namanya terinspirasi dari bentuknya yang mirip paduan buaya dan kura-kura.

Karena penampilannya yang seperti dari zaman prasejarah, kura-kura ini juga dijuluki "dinosaurus dari dunia penyu." Kura-kura ini sangat pandai berkamuflase dengan membiarkan ganggang tumbuh di cangkangnya. Ia juga memiliki leher panjang, ekor tebal bersisik, dan cangkangnya berduri seperti buaya.

2. Paus Bergigi Tajam

- 

Adalah spesies paus berparuh. Spesies paus ini memiliki karakteristik yang unik yakni dua taring besar yang tumbuh berlebihan dari rahang atas serta gading (atau gigi) yang muncul dari rahang bawah dan tumbuh ke atas. Pada rahang atas, taring tersebut muncul pada sudut 45 derajat dengan kedua sisi mengelilingi rahang atas.

Karena bentuknya inilah, paus bergigi tajam tak bisa membuka mulut mereka terlalu besar. Bentuk gigi tersebut hanya muncul pada paus jantan sementara betinanya terlihat sama seperti spesies lain. Itu sebabnya mereka sulit untuk ditemukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Gharial

3. Gharial

Dari semua spesies buaya yang hidup, gharial adalah yang terbesar kedua di dunia. Buaya pemakan ikan ini biasa ditemukan di anak benua India bagian utara. Gharial dikenal memiliki rahang yang sangat panjang dan tipis.

Gharial jantan mengembangkan hidung bulat di ujung moncong mereka ketika mencapai kematangan seksual. Buaya ini menghabiskan sebagian besar waktu di dalam air dan hanya naik ke darat untuk bertelur atau berjemur. Populasi buaya ini menurun 96-98% dalam 70 tahun terakhir karena diburu. Gharial kini terdaftar di daftar spesies yang terancam keberadaannya.

4. Shoebill

- 

Adalah burung bangau dengan paruh yang sangat besar dan berbentuk bulat seperti sepatu. Selain memiliki tubuh yang tinggi dan sayap yang begitu lebar, burung ini juga memiliki bulu keabu-abuan yang tak menentu.

Burung ini berburu dengan cara mengintai mangsanya. Mereka mampu berdiri seperti patung untuk waktu yang lama baru melancarkan serangan pada mangsa. Shoebill membangun sarang dengan pasangan mereka. Meski jarang memiliki lebih dari satu betina, mereka biasanya menetaskan dua atau tiga anak. Anak yang paling muda dipersiapkan bila yang lebih tua tak dapat bertahan hidup.

5. Sarcastik Fringehead

- 

Merupakan ikan yang sangat kecil dan ramping serta memiliki sifat tak kenal takut dan sangat agresif bagi siapapun yang mendekati liangnya. Saat mereka berkelahi, mereka akan membuka mulutnya lebar-lebar. Hal ini dilakukan untuk menakut-nakuti musuh mereka.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.