Sukses

Penelitian Ungkap Sisi Baik Bagi Pria Berkepala Botak

Apakah Anda memiliki masalah dengan rambut yang mulai menipis?

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda memiliki masalah dengan rambut yang mulai menipis? Sepertinya Anda perlu mencukur rambut Anda secara keseluruhan agar botak. Jika Anda memiliki kepala yang botak, Anda tak perlu khawatir. Sebuah penelitian ilmiah yang baru-baru ini dilakukan, mengungkap sisi baik memiliki kepala botak.

Seorang peneliti sosial, Albert E. Mannes mengungkapkan, menjadi botak sepertinya bukan lagi sebuah maslah, karena dari sebuah penelitian yang dilakukannya, memiliki kepala botak jauh lebih baik karena memiliki banyak keuntungan dan sisi baiknya.

Albert E. Mannes melakukan tiga buah studi penelitian yang menghasilkan kesimpulan, bahwa banyak orang menganggap pria botak cenderung lebih sukses dibanding pria yang memiliki rambut. Penelitian ini melibatkan 59 peserta dan mereka menunjukkan foto-foto pria.

Dalam penelitiannya tersebut Mannes memberi judul "Shorn Scalps and Perceptions of Male Dominance", yang menjelaskan tentang persepsi pria berkepala botak lebih memiliki kecendrungan untuk mendominasi, Mannes memaparkan hasil studinya, dalam studi pertamanya, pria dengan kepala yang dicukur dinilai lebih dominan dibandingkan laki-laki dengan kepala yang dipenuhi rambut.

Dalam studi kedua, pria yang rambutnya digital dihapus secara digital yang dianggap lebih dominan, lebih tinggi, dan lebih kuat dari diri mereka yang sebenarnya. Penelitian ketiga, menunjukkan bagaimana orang yang mengalami kerontokan rambut alami dapat meningkatkan wibawanya dengan mencukur.

Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa ketika seseorang melihat pria dengan kepala yang botak, cenderung memiliki kesan lebih kuat dan lebih dominan. Sedangkan seorang pria yang memiliki kepala dengan rambut tipis, dirasakan oleh para peserta penelitian kurang menarik dan lebih lemah dibanding dengan pria yang berkepala botak.

Penulis:

Soyid Prabowo

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.