Sukses

Pecahkan Rekor Dunia, Ukiran Kayu di Batang Pohon 12 Meter

Terdapat lebih dari 550 ukiran di batang kayu sepanjang 12 meter ini. Butuh waktu 4 tahun menyelesaikannya.

Liputan6.com, Jakarta - Bila dilihat dari kejauhan, pohon ini hanya terlihat seperti pohon tua yang ditebang dan perlahan-lahan mulai membusuk. Namun, yang satu ini tidak demikian.

Jika Anda melihat lebih dekat pada pohon tua ini, Anda akan melihat sesuatu yang menakjubkan. Siapa sangka, pada batang kayu tersebut terdapat ukiran dengan lebih dari 550 bentuk.

Di Tiongkok, praktik kuno menciptakan patung yang diukir langsung di batang pohon adalah praktek yang sangat dikagumi. Sementara seniman di balik ukiran luar biasa tersebut yakni Zheng Chunhui.

Menurut Twistedsifter, Selasa (14/02/2017), butuh waktu empat untuk menyelesaikan ukiran kayu tersebut. Secara keseluruhan, ukiran itu dilakukan pada batang pohon tunggal sepanjang 12 meter, tinggi 3 meter, dan lebar 2 meter.

Rincian ukiran karya agung Zheng itu meliputi kapal, jembatan, bangunan, dan lebih dari 550 orang yang diukir secara individual. Berkat karya tersebut nama Zheng dicatat dalam Guinness Book of Records karena dianggap sebagai ukiran kayu terpanjang di dunia.

- 

Adegan yang digambarkan pada batang pohon itu sendiri sebenarnya merupakan salinan lukisan Cina yang terkenal "Sepanjang Sungai Selama Festival Qingming" yang diciptakan lebih dari 1.000 tahun lalu. Lukisan itu merupakan salah satu yang paling terkenal di antara semua lukisan Cina kuno.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini