Sukses

4 Hal Memilukan yang Akan Anda Rasakan Jika Kuliah di Luar Negeri

Liputan6.com, Jakarta Setelah lulus dari Sekolah Menengah Atas, tentu Anda mulai memikirkan untuk tahap selanjutnya. Ingin melanjutkan dunia kerja maupun kembali ke dunia pendidikan seperti mengambil perguruan tinggi. Bagi Anda yang ingin mengambil atau bahkan telah ada di perguruan tinggi, tentu banyak suka dukanya. Terutama jika Anda mengambil perguruan tinggi di luar negri.

Bagi Anda yang kini tengah merasakan kuliah di luar negeri, mungkin Anda dapat merasakan 5 hal sulit di bawah ini.

1. Sulitnya mencari makanan

Bukan hanya harganya yang relatif mahal, tapi rasanya juga mengecewakan, karena tidak cocok dengan Anda yang lidah asli Indonesia yang terbiasa makan dengan berbagai varian bumbu masak. Belum lagi masalah makanan halal yang sulit untuk ditemukan. Ujian terberat sebenarnya datang dari postingan teman- teman Anda di Indonesia, yang menampilkan bakso, sate, gado-gado yang tentu sangat Anda rindukan ketika di luar negeri.

2. Bingung mau bicara apa

Mungkin hal yang pertama harus Anda siapkan sebelum kuliah di luar negeri adalah bahasa. Walaupun begitu tetap saja Anda akan kikuk karena harus menyesuaikan dengan lingkungan. Tidak seperti di Indonesia, mungkin Anda lebih mudah dalam beradaptasi, dan bisa berbasa basi ala Indonesia di lingkungan yang baru.

3. Dua musim Indonesia ternyata lebih menyenangkan

Mungkin Anda melihat kehidupan di luar negeri begitu asik dengan 4 musim. Terutama di musim salju. Tapi sebenarnya hal itu sangat tidak nyaman. Anda harus dengan cepat menyesuaikan dengan pergantian musim di luar negeri.

4. Keuangan dan peka terhadap kurs mata uang

Uang menjadi salah satu kendala bagi mahasiswaJika Anda kuliah diluar negeri, dan mendapat kiriman uang dari orang tua di Indonesia, tentu ketika kurs menunjukkan Rupiah sedang jatuh di negara tempat Anda berkuliah, pastinya akan berat bagi Anda. Dengan begitu Anda harus pintar mencari uang tambahan, dan beasiswa di luar negri.

Dari 5 hal yang tidak menyenangkan di atas, hendaknya tidak mematahkan semangat Anda yang kini berkuliah di luar negeri, dan yang memiliki rencana kuliah di luar negri. Karena kini banyak pasar kerja di Indonesia yang mencari lulusan dari universitas luar negeri.

Penulis:

Ilham Pratama

Mahasiswa Universitas Moestopo

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Traveling dengan Anggaran Terbatas? Ini Tipsnya
Artikel Selanjutnya
Masih Magang? Ini 5 Tips Ampuh Agar Jadi Pegawai Tetap