Sukses

6 Sekolah Unik yang Aneh Tapi Nyata di Dunia

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang menjadi orang yang sukses, salah satunya dengan memberikan pendidikan yang baik. Pendidikan yang baik dapat dimulai sejak lahir yang berlanjut pada tahap pendidikan formal sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Sekolah – sekolah dibawah ini merupakan sekolah – sekolah yang memberikan pendidikan dengan cara yang tidak biasa, penasaran dengan sekolah tersebut ?. Berikut ulasannya.

1. Steve Jobs School (Belanda)

Sekolah yang satu ini berlokasi di negara kincir angin Belanda tepatnya di kota Amsterdam. Di sekolah ini setiap anak diperlakukan dengan sama. Setiap murid di sekolah ini harus mempunyai cara belajar mereka masing masing yang sesuai dengan talenta, kemampuan dan hobi setiap individu. Sekolah ini terbuka untuk siswa kelas 4 – 12.

2. Sekolah Yang Memiliki Pendekatan Khusus (Australia)

Sama seperti Steve Jobs School, sekolah ini mengharuskan siswa siswinya untuk mempunyai cara belajarnya sendiri yang dimana nantinya para guru dan orang tua akan menyesuaikan diri dengan cara belajar tersebut. Tidak seperti sekolah pada umumnya, sekolah ini tidak menggunakan ruang kelas yang besar melainkan dijalankan dalam grup kecil. 

3. Sekolah Terhijau (Perancis)

Sekolah ini memiliki gedung yang dibangun diatas hamparan rumput yang luas dan atapnya juga ditutupi rumput – rumput. Mahasiswa juga diperbolehkan untuk duduk dirumput karena mereka merasa duduk di kelas merupakan hal yang membosankan.

4. Sekolah Tanpa Stress dan Tekanan (Finlandia)

Saat proses belajar mengajar berlangsung, para murid diizinkan untuk duduk dimanapun mereka suka, dibangku, dimeja bahkan dilantai. Mereka juga diizinkan untuk tiduran ketika mereka merasa lelah.

5. Sekolah gua (Swedia)

Siswa – siswi di sekolah ini tidak akan merasa bosan karena arsitektur unik disekolah ini membuat mereka betah. Arsitektur seperti gua di atas bukit yang disertai dengan kolam bebek membuat sekolah yang satu ini sangat unik dan berbeda dari sekolah lain. Sekolah ini tepatnya berada di Kota Stockholm.

6. Sekolah Tanpa Pelajaran (Canada)

Guru – guru disekolah ini tidak akan memberikan pelajaran formal layaknya sekolah lainnya. Mereka hanya akan memberikan saran dan masukan tentang baik dan buruknya sebuah tindakan. Sekolah ini juga tidak memberikan pekerjaan rumah atau tugas lainnya. 

Penulis :
Nadia Donna
Mahasiswi Institut Pertanian Bogor


Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Kisah Keluarga Muda 3 Anak Traveling ke 23 Negara dalam 9 Bulan
Artikel Selanjutnya
Guru SM3T Adakan Festival Anak Sholeh di Kepulauan Sula, Malut