Sukses

Peneliti Klaim Temukan Obat Obesitas Manjur Pada Cacing Gelang

Sebuah gen pada cacing bisa menjadi kunci untuk mengembangkan pengobatan obesitas pertama di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Peneliti Australia telah menemukan gen di cacing yang bisa menjadi kunci untuk mengembangkan pengobatan obesitas pertama di dunia.

Para ilmuwan dari Monash University Melbourne bekerja sama dengan tim dari University of Copenhagen menemukan gen di cacing yang bisa membantu siklus makan berlebih dan kurang berolahraga yang mengarah ke obesitas. Gen dikenal sebaggai ETS-5 tersebut bertanggung jawab untuk memicu perasaan kenyang serta kebutuhan untuk tidur setelah makan pada cacing.

Gen tersebut juga ditemukan pada manusia. Dengan demikian, penemuan tersebut membuka kemungkinan pengembangan obat yang dapat menyebabkan gen menekan perasaan kenyang.

Roger Pocock, penulis utama studi yang diterbitkan dalam jurnal Prosiding National Academy of Science menjelaskan bahwa ketika usus penuh lemak, otak cacing menerima pesan untuk berhenti bergerak dan beranjak tidur.

"Saat hewan kekurangan gizi, mereka mencari makan dengan menjelajah lingkungan sekitar. Saat pasokan makanan melimpah, mereka tak perlu menjelajah sehingga memasuki kondisi tidur," ujar Roger dalam rilis media seperti yang dikutip oleh Xinhua, Rabu (15/01/2017).

Penelitian tersebut difokuskan pada Caenorhabditis elegans yang dikenal sebagai cacing gelang karena kesederhanaan otaknya. Otak cacing gelang mengandung 302 neuron dan 8000 sinapsis, sangat sedikit ketimbang otak manusia.

Meski memiliki perbedaan besar dalam kompleksitas otak, manusia dan cacing gelang ternyata berbagi hingga 80 persen dari gen mereka.

"Karena cacing gelang berbagi begitu banyak gen dengan manusia, mereka adalah model sistem yang besar untuk menyelidiki dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari proses seperti metabolisme dan penyakit pada manusia," lanjut dia.

Lebih jauh, Roger menjelaskan bahwa jauh sebelumnya gen ETS-5 diketahui terdapat pada manusia dan bertanggung jawab terhadap masalah obesitas. Dengan mempelajari kontrol gen dalam mengontrol asupan makanan, diharapkan sebuah obat obesitas yang kredibel dapat diciptakan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini