Sukses

11 Hal Tak Masuk Akal Terkait Pemilu, Apa Saja?

Dari astronot yang ikut pemilu, sampai pemilu yang dilakukan selama berminggu-minggu. Berikut beberapa fakta unik pemilu.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat hari Rabu, 15 Februari 2017, rakyat Indonesia menggunakan hak suara mereka untuk memilih kepala daerah. Tentu saja, setiap suara yang diberikan sangat berarti bagi daerah masing-masing.

Pemilu mungkin salah satu cara paling lumrah yang digunakan untuk memilih pemimpin. Di sisi lain, terdapat cerita-cerita unik terkait pemilu dari berbagai negara.

Apa saja? Ini dia.

1. Astronot Bisa Ikut Pemilu

Astronot yang sedang berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional diperbolehkan untuk memilih sejak tahun 1997, ketika itu para anggota parlemen Texas sudah membuat suatu ketentuan yang memungkinkan kotak suara yang aman untuk dikirim ke ruang angkasa oleh Mission Control di Houston, Texas.

Setelah astronot menentukan pilihan mereka, kotak-kotak suara mereka yang adalah berupa file-file PDF yang berisi kertas suara yang akan mereka terima dalam email, dikembalikan ke bumi, di mana pegawai akan membuka dokumen yang sudah dikodekan dan menyerahkan hard copy dari surat suara astronot untuk dihitung.


2. India adalah Negara Yang Sangat Besar, Sehingga Pemilu Bisa berlangsung Berminggu-minggu

India memiliki lebih dari 800 juta pemilih, yang membuatnya sebagai negara demokrasi terbesar di dunia. Dalam rangka mengakomodasi pemilih sebesar itu, pemerintah mengadakan pemilu selama berminggu-minggu, atau bahkan berbulan-bulan. Yang terakhir pemilihan umum pada 2014, di mana warga negara India memilih 543 anggota parlemen, berlangsung selama sembilan hari yang terpisah-pisah dalam lima minggu.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.