Sukses

Ilmuwan Temukan Fosil Hewan Purba Laut dalam Keadaan Hamil

Penemuan salah satu makhluk purba yang menghuni laut terdalam Bumi pada 245 juta tahun lalu itu, menjawab teka-teki

Liputan6.com, Jakarta Ilmuwan dari University of Aberdeen, Newcastle, Mike Benton mengklaim telah menemukan fosil Dinocephalosaurus dalam keadaan hamil. Penemuan salah satu makhluk purba yang menghuni laut terdalam Bumi pada 245 juta tahun lalu itu, menjawab teka-teki, apakah Dinocephalosaurus bertelur atau melahirkan.

Dilansir livescience.com, kesimpulan itu didapat karena fosil yang yang ditemukan memiliki embrio di bagian tubuhnya. Artinya, hewan purba itu mati dalam keadaaan sedang mengandung.

Benton mengungkapkan, melahirkan adalah metode yang efesien bagi hewan purba laut. "Hewan itu tidak perlu naik ke darat untuk bertelur dan membuat sarang," ujarnya.

Anggota tim peneliti, Jun Liu menegaskan keyakinannya bahwa fosil kecil yang ditemukannya merupakan embiro bukanlah sisa makanan. Sebab fosil kecil itu berpostur melengkung dan menghadap ke arah sang induk.

"Jika itu sisa makanan maka akan menghadap ke belakang karena predator biasanya menelan kepala mangsa terlebih dahulu," ujar Jun Liu.

Fosil itu ditemukan di perairan Tiongkok di sebalah barat daya. Meski telah melalui kajian yang mendalam, kesimpulan itu masih memicu banyak perdebatan di antara ilmuwan.

(War)




**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini