Sukses

Keunikan yang Dimiliki 3 Desa Terbersih di Dunia

Berikut desa-desa yang dinobatkan sebagai desa-desa terbersih di dunia, salah satunya dari Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Udara yang segar tanpa polusi dan tempat yang bersih dari sampah adalah ciri dari tempat yang bersih. Setiap orang pasti menginginkan tempat yang bersih dan sejuk namun, tidak semua orang bisa menjaga kebersihan. Masih banyak orang di luar sana yang sering membuang sampah dan merokok sembarangan.
 
Biasanya, pedesaan adalah ciri dari tempat yang sejuk dan bersih. Luasnya hamparan rumput dan udara yang sejuk membuat Anda betah untuk tinggal di sana. Berikut desa-desa yang dinobatkan sebagai desa-desa terbersih di dunia, salah satunya dari Indonesia.
 
1. Desa Giethoorn

Jika Anda berkunjung ke Negeri Kincir Angin, Belanda sempatkanlah berkunjung ke desa yang satu ini. Desa Giethoorn terletak di Provinsi Overijssel, Belanda. Desa ini didirikan pada tahun 1230.

Hal terunik dari desa ini adalah Anda tidak akan menemukan jalan raya di sini, juga tidak ada suara motor dan mobil berlalu lalang karena memang tidak terdapat mobil dan motor di sini. Warga Desa Giethoorn terbiasa untuk menggunakan kano untuk bepergian atau berjalan kaki. Setiap daratan di sini dihubungkan oleh 176 jembatan.
Desa ini sering disebut sebagai Venice di Belanda, sering juga disebut sebagai desa Negeri Dongeng karena yang terdapat di sini hanyalah udara yang sejuk tanpa polusi udara.
 
2. Desa Mawlynnong

Anda pasti akan sangat terkejut jika desa terbersih selanjutnya berasal dari India. Desa Mawlynnong termasuk ke dalam salah satu desa terbersih di dunia yang terletak di bagian Menghalaya, India. Mawlynnong pertama kali dinobatkan oleh Discover India sebagai desa terbersih pada tahun 2003.

Desa ini mempunyai peraturan yang cukup ketat dalam menjaga kebersihannya. Desa Mawlynnong menyediakan tempat sampah di setiap sudut. Tidak terdapat sampah sedikitpun di jalanan termasuk dedaunan yang jatuh.  Di desa ini, warga juga melakukan daur ulang untuk menanggulangi sampah.

Desa ini melarang warganya untuk merokok di sekitar wilayah pedesaan, bahkan plastik pun juga dilarang untuk dipergunakan. Selain hal tersebut, warga desa ini juga sering menanam pohon agar menjadi lebih hijau dan udara semakin segar.
 
3. Desa Penglipuran

Bali memang sangat terkenal dengan wisatanya, baik wisata alamnya maupun kulinernya. Selain pantai, Bali juga memiliki salah satu desa yang termasuk ke dalam desa terbersih di dunia.

Desa Penglipuran merupakan desa adat yang terletak di Bali. Desa ini mendapatkan penghargaan Kalpataru sebagai desa terbersih. Selain terkenal dengan kebersihannya, desa ini juga terkenal dengan kerukunan dan keakraban warganya.

Desa ini dinobatkan sebagai desa wisata pada tahun 1995, sejak saat itu desa ini menjadi ramai dengan wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun internasional. Agar dapat masuk ke desa ini anda cukup membayar Rp 10.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 25.000 untuk wisatawan mancanegara.

Penulis:

Nadia Donna

Intitut Pertanian Bogor

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini