Sukses

Gempar, Kura-Kura Raksasa Usia Ribuan Tahun Tiba-Tiba Muncul

Seekor kura-kura raksasa berusia ribuan tahun tiba-tiba muncul di sebuah kota di Tiongkok.

Liputan6.com, Jakarta Seekor kura-kura raksasa berusia ribuan tahun tiba-tiba muncul di sebuah kota di Tiongkok. Warga kota Jiangxi gempar, kura-kura dengan panjang total 1,1 meter dan berbobot 39 kg muncul.

Seperti dilansir bestchinanews.com,kura-kura raksasa ini muncul di sebuah tempat yang tidak mempunyai ekosistem yang memungkinkan seekor kura-kura bisa hidup. Menurut warga, ini adalah sebuah misteri.

Kura-kura liar ini muncul di sebuah genangan air dekat goa. Hewan yang termasuk kelompok reptil ini konon telah hidup di bumi sejak jaman dinosaurus ada. Memang kura-kura biasanya berumur panjang, bisa mencapai ratusan tahun.

Kura-Kura Liar Usia Ribuan Tahun Tiba-Tiba Muncul, Pertanda Apa?

Menurut Departemen Pertanian dan Perikanan setempat, Wang Xinyong di Tiongkok terdapat 3 spesies kura-kura, yakni  Paleasteindachneri, Trionyx sinensis dan kura-kura yang hidupnya di laut.

Kura-kura raksasa ini ditemukan di dekat goa yang hanya terdapat sedikit air. Kepada wartawan, Wang mengatakan bahwa tempat ditemukannya kura-kura raksasa itu tidak memenuhi sebuah ekosistem hidup kura-kura. Dan sampai sekarang hal itu masih menjadi misteri.

Uniknya kura-kura seberat 39 kilogram ini mempunyai bentuk badan yang oval, bukan bulat, dengan perut warna putih dan cangkang berwana abu-abu.

Kura-Kura Liar Usia Ribuan Tahun Tiba-Tiba Muncul, Pertanda Apa?

Para ahli berspekulasi bahwa kura-kura raksasa ini telah hidup selama ribuan tahun di tempat ini. Departemen pertanian dan perikanan setempat telah mengambil langkah-langkah aktif dan efektif untuk melindungi hewan purba yang langka ini. 

Bagaimana menurutmu?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.