Sukses

10 Fakta Tersembunyi Kim Jong Nam, Saudara Tiri Kim Jong Un

Liputan6.com, Jakarta Kematian Kim Jong Nam yang merupakan saudara tiri dari pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un telah menjadi perbincangan di banyak media. Banyak hal yang menjadi perbincangan dan pembahasan di media selain hubungan saudara yang terjalin di antara mereka, yaitu tentang cara Kim Jong Nam dibunuh, dan tentang seorang perempuan yang membunuhnya.

Nama Kim Jong Nam mulai terkuak setelah tragedi pembunuhannya, sebelumnya banyak orang yang tidak mengenalnya. Banyak asumsi yang muncul mengenai pembunuhannya, hal ini disebabkan keterikatannya dengan pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong Un. Namun di balik itu semua, berikut ada beberapa fakta tentang Kim Jong Nam yang patut untuk diketahui.

1 dari 10 halaman

1

1. Dia Sangat Berbeda dengan Kim Jong Un

Kim Jong Nam merupakan seseorang yang sangat membenci pemerintahan Korea Utara. Dia pernah mengaku tidak tahan melihat banyak orang di negara tersebut menderita di bawah kepemimpinan kakeknya dan ayahnya. Hal itulah yang membuat Kim Jong Nam melarikan diri dari Korea Utara.

Pada awal tahun 2000-an hingga sebelum dia mati terbunuh,Kim Jong Nam tinggal di rumah keluarga Kim yang berada di Macau dan Beijing, Tiongkok. Hal tersebut membuatnya cukup jauh dari hingar bingar perpolitikan di Korea Utara, tak jarang ia juga berbicara tentang sikap dirinya yang menentang kebijakan militer Korea Utara.

2 dari 10 halaman

2

2. Kim Jong Nam Sangat Mencintai Anak-anak

Kim Jom Nam merupakan seoarang anak yang lahir dari perselingkuhan antara Kim Jong Il dan Song Hye Rim. Ibunya merupakan seorang aktris di negara mereka dan juga masih menikah dengan pria lain saat dia dilahirkan.

Karena ia merupakan anak yang lahir dari hasil perselingkuhan, menyebabkan keberadaan Kim Jong Nam tidak diakui dan dirahasia dari dunia oleh pemerintahan Kore Utara. Latar belakang inilah, yang membuat Kim Jong Nam sangat menyayangi anak-anak, karena ia tahu betul bagaimana rasanya menjadi anak yang diasingkan dan kurang mendapat banyak waktu dari Ayah kandungnya untuk bertemu.

3 dari 10 halaman

3

3. Ayahnya Sangat Mencintainya

Meskipun keberadaan Kim Jong Nam sebagai anak Kim Jong Il dirahasiakan dari publik, namun secara diam-diam, ayah kandungnya itu kerap mencuri waktu untuk bertemu dengannya. Terkadang Kim Jong Il menyempatkan waktunya untuk tidur bersamanya, makan malam bersama, dan berbicara dengannya melalui telepon secara rahasia, meski hal tersebut tak terlalu sering.

4 dari 10 halaman

4

4. Kim Jong Nam fasih berbahasa Inggris dan Perancis

Pada berusia 8 tahun, Jong Nam dikirim keluar negeri untuk tujuan keamanan. Dia tinggal dan belajar di Rusia dan Swiss. Hal inilah yang membantunya untuk belajar lebih banyak bahasa. Dia fasih berbahasa Perancis dan Inggris di saat usianya masih sangat muda.

5 dari 10 halaman

5

5. Dia Tahu Caranya Bepergian Menggunakan Paspor Palsu

Kim Jong Nam pernah dilaporkan bahwa ia kehilangan dukungan dari ayahnya lantaran sering mengkritisi pemerintah Korea Utara, pada akhirnya ia kerap menggunakan dokumen dan paspor palsu saat bepergian ke luar negeri, bahkan ia pernah mencoba untuk mengunjungi Tokyo Disneyland di jepang pada tahun 2011 dengan paspor palsu.

6 dari 10 halaman

6

6. Kim Jong Il Hampir Mengirimnya Ke Penjara

Karena Kim Jong Nam kerap melakukan perjalanan ke banyak negara, ia telah mengenal kehidupan yang indah dibandingkan dengan keadaan di Korea Utara yang selalu menindas rakyatnya sendiri.

Hal ini membuatnya kerap mempertanyakan keputusan ayahnya sendiri saat melakukan kebijakan di Korea Utara, yang menurutnya sangat merugikan rakyatnya. Ayahnya marah karena ia selalu mengkritisinya, bahkan Kim Jong Il telah mengancam untuk mengirim anak kandungnya tersebut ke sebuag penjara politik untuk bekerja di tambang batu bara. Tapi hal tersebut tidak pernah terjadi hingga Kim Jong Nam mati dibunuh.

7 dari 10 halaman

7

7. Secara Tidak Langsung Kim Jong Nam Menyebabkan Kelahiran Kim Jong Un

Karena Kim Jong Nam keberadaannya tidak diakui, ayah kandungnya kerap merasa kesulitan untuk bertemu dengannya. Hal ini membuatnya kerap merasa kesepian sebagai seorang ayah.

Suatu ketika ia pergi ke luar negeri untuk belajar, Kim Jong Il tampaknya sangat kesepian. Maka dia mencoba untuk menjalin hubungan dengan Ko Yong Hui, yang kemudian melahirkan 3 anak-anak. Anak kedua dari Yong Hui tak lain adalah Kim Jong Un, pemimpin tertinggi Korea Utara saat ini.

8 dari 10 halaman

8

8.Keberadaan Kim Jong Un Terancam

Fakta bahwa Kim Jong Nam adalah anak pertama dari Kim Jong Il, berarti ia merupakan pemimpin berikutnya dari Korea Utara untuk menggantikan ayah mereka. Yong Hui bahkan pergi berusaha keras untuk memastikan bahwa anak-anaknya sendiri akan mengambil alih posisi juga, seperti berteman dengan tokoh-tokoh politik lokal mereka. Tapi sayangnya, Kim Jong Nam tidak pernah menunjukkan minatnya untuk berpolitik di Korea Utara.

9. Dia Dibenci oleh Ibu Tirinya

Menjadi anak yang tertua, biasanya akan berarti bahwa ia akan menjadi penerus tahta. Namun ibu tirinya, Ko Young-Hee yang mengangkat Kim Jong-Chul dan Kim Jong-Un sangat membencinya, hal itu disebabkan karena Ibu tirinya lebih mengiginkan anak-anak kandungnya berhasil meraih tahta tertinggi di Korea Utara.

Kim Jong Il lebih memilih Kim Jong Un untuk meneruskah tahtanya, lantaran putranya yang lain, yaitu Jong-Chul terlalu 'feminin'.

9 dari 10 halaman

9

10. Anak Kim Jong Nam Sangat Membenci Kim Jong Un

Kim Jong Nam memiliki banyak anak, tetapi hanya 1 dari wajah mereka yang pernah terungkap di media. Anaknya tersebut bernama Kim Han Sol, ia telah secara terbuka mengkritik pamannya, Kim Jong Un di sebuah stasiun TV dan bahkan mengungkapkan keinginannya agar Korea Utara dan Korea Selatan dapat bersatu kembali.

Kim Han Sol terakhir dilaporkan sedang menempuh pendidikan di France’s Science Po University, Prancis di tahun 2013. Pada saat itu, ia berada di bawah perlindungan polisi Prancis dari media Korea Selatan.

Penulis:

Soyid Prabowo

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Manisnya Bentuk Perhatian Kim Tae Hee untuk Rain
Artikel Selanjutnya
Jenderal Korea Utara Ini yang Akan Picu Perang Dunia III?