Sukses

7 Binatang Kecil dengan Kemampuan Merusak Paling Besar di Dunia

Kumbang "Bark Beetle" berkembang biak di bagian dalam kayu. Hewan ini punya reputasi "pembunuh"

Liputan6.com, Jakarta Kita ketahui bahwa serangga sangatlah berguna untuk kelangsungan hidup alam, namun ada beberapa hewan kecil ini yang nyatanya sangat merusak.

Jika binatang kecil berkelompok dalam jumlah besar, baik kumbang, cacing atau belalang. Bisa akibatkan kerugian besar bagi panen, juga bagi penyediaan pangan. Ini beberapa yang paling merugikan.

1. Kecil Tapi Mematikan

Kumbang "Bark Beetle" berkembang biak di bagian dalam kayu. Hewan ini punya reputasi "pembunuh". Kebanyakan spesies kumbang ini menyerang pohon yang sudah mati, hampir mati atau lemah. Tetapi ada juga yang menyerang pohon yang sehat. Perannya dalam ekologi hutan sering dipertikaikan pakar. Ada yang menyebut hewan ini berjasa dan ada yang menyebut hama.

2. Sebabkan Daun Berubah Warna dan Gugur

Serangga kecil bernama latin "Cameraria Ohridella" menyebabkan warna daun berubah jadi oranye atau coklat dan gugur walaupun belum musim gugur. Serangga ini pertama kali diamati di bagian utara Yunani tahun 1980-an, kemudian menyebar ke seluruh Eropa. Larvanya bisa berpindah-pindah pohon. Namun demikian, di musim semi daun akan kembali tumbuh lagi.

Selengkapnya baca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.