Sukses

Alami Kebotakan, Ayah atau Ibu Kamu yang Paling Berperan?

Liputan6.com, Jakarta - Para peneliti di Universitas Edinburgh menemukan bahwa pria mewarisi sebagian gen kebotakan mereka dari ibu. Hal ini lantaran gen penyebab kebotakan berasal dari kromosom X yang diturunkan oleh ibu.

Untuk membuktikan hal tersebut, sebelumnya ilmuwan telah melihat DNA dari 52.000 orang. Mereka mengidentifikasi hampir 300 gen yang dapat berkontribusi untuk kebotakan pada pria dan ternyata sebagian besar berasal dari kromosom X.

"Kami mengidentifikasi ratusan sinyal genetik baru. Menarik untuk menemukan bahwa banyak dari genetika sinyal untuk kebotakan pada pria berasal dari kromosom X yang laki-laki warisi dari ibu mereka," jelas Saskia Hagenaars yang memimpin penelitian seperti dikutip dari Metro.

Penemuan tersebut diakui mengembirakan terkait membuka jalan memahami penyebab genetik rambut rontok.

"Kami masih jauh dari membuat prediksi akurat untuk pola rambut rontok pada individu. Namun, hasil ini membawa kita satu langkah lebih dekat," tambah Dr Riccardo Marioni.

Sebelumnya, dalam jurnal yang diterbitkan dalam PLoS Genetics, para ilmuwan hanya mengidentifikasi beberapa gen yang berhubungan dengan kebotakan.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini