Sukses

Kim Jong-un Tertawa Lepas untuk Kematian Kakaknya?

Tawa lebar Jong-un sebagai dianggap bentuk apresiasi atas keberhasilan misi rahasia pembunuhan Kim Jong-nam.

Liputan6.com, Jakarta Foto-foto dengan wajah ceria, Presiden Korea Utara, Kim Jong-un menghiasi laporan utama Korean Central News Agency (KCNA). Menurut kantor berita resmi Korea Selatan, Yonhap, tawa itu muncul saat Jong-un sedang mengadakan lawatan ke budi daya ikan lele di dekat Ibukota Pyongyang.

Lawatan itu berlangsung tiga hari setelah kakak tirinya, Kim Jong-nam dilaporkan tewas dibunuh oleh mata-mata Korea Utara, di Bandara Kuala Lumpur Malaysia. Jong-un muncul dengan tawa yang sangat lebar. Ia dikabarkan tengah memuji manajemen peternak lele yang mampu memproduksi lebih dari 3000 ton ikan per tahun.

Kim Jong-un kunjungi peternak leleDilansir My NewsHub, kecerian wajah Kim Jong-un itu juga menghiasi laporan eksklusif koran utama Korea Utara, Rodong Sinmun. Hal itu sangat berbeda saat Jong-un menghadiri upacara peringatan kelahiran ayahnya, Kim Jong-il pada 16 Februari silam.Wajah Jong-un dilaporkan sangat murung dan suram.

"Ia mengabaikan sorotan stasiun televisi milik negara Chosŏn Chungang T’ellebijyon. Ia pergi tanpa lambaian tangan," tulis media itu.

Tentu saja, keceriaan wajah saat menghadiri peternak lele itu memicu spekulasi publik yang mengaitkan tawa Jong-un sebagai respons atas kakaknya yang tewas. Secara tersirat, tawa lebar Jong-un sebagai bentuk apresiasi keberhasilan misi rahasia pembunuhan Kim Jong-nam.

Kim Jong-un kunjungi peternak leleAnalis Politik Korea Selatan juga turut membandingkan guratan wajah ceria Jong-un yang nyaris sama saat ia berhasil mengesekusi mati pamannya, Jang Song-thaek. Kim Jong-un memang dikabarkan telah lama menginginkan kematian kakak tirinya itu.

Sebab Jong-un khawatir, kakak tirinya yang mempunyai pengaruh baik dengan Tiongkok itu dapat menggugat posisinya sebagai pemempin tertinggi Korea Utara.

Meskipun demikian, Duta Besar Korea Utara di Malaysia, Kang Chol menampik jika Korea Utara berada di balik pembunuhan anak pertama Kim Jong-il tgersebut. Kang Chol bahkan menawarkan Pemerintah Malaysia agar melakukan penyeldikan bersama-sama. Bagaimana menurut Anda, apakah tawa lepas Jong-un sebagai bentuk kebahagiaan atas kakak tirinya yang tewas?

(War)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini