Sukses

Warga Skandinavia Paling Bahagia di Dunia, 4 Ini Kuncinya

Negara-negara Skandinavia seperti Swedia, Denmark, Norwegia, dikenal sebagai negara paling bahagia. Apa rahasia mereka?

Liputan6.com, Jakarta - Penelitian-penelitian tentang kebahagiaan selalu menempatkan negara-negara Skandinavia berada di urutan pertama. Negara Denmark, Norwegia, dan Swedia didaulat sebagai negara paling bahagia di dunia.

Ternyata, hal tersebut tidak muncul begitu saja. Ada empat prinsip dalam hidup warga Skandinavia yang membuat mereka hidup bahagia.

Apa saja? Dilansir dari Brightside, ini dia:

1. Kesederhanaan dan menghormati orang lain

Di negara-negara Nordik, terdapat Hukum Jante yang memberikan aturan dalam memperlakukan orang lain. Aturan tersebut, yakni:
- Kamu tidak berpikir kalau kamu spesial
- Kamu tidak berpikir kalau kamu lebih pintar dari yang lain
- Kamu tidak meyakinkan diri sendiri kalau kamu lebih baik dari yang lain
- Kamu tidak berpikir kalau kamu tahu segalanya
- Kamu tidak berpikir kalau kamu lebih penting dari yang lain
- Kamu tidak berpikiran kalau kamu hebat di segala hal
- Kamu tidak menertawakan orang lain
- Kamu tidak berpikir kalau orang lain peduli padamu
- Kamu tidak berpikir kalau bisa mengajarkan apapun pada orang lain.

Aturan tersebut mengajarkan kesederhanaan dan menghormati orang lain. Selain itu, juga melarang seseorang bersikap sombong terhadap orang lain.

2. Keseimbangan antara pekerjaan dan keluarga

Negara-negara Skandinavia tahu betapa pentingnya mencurahkan waktu untuk keluarga. Sebagian kantor di Denmark mengharuskan pekerja pulang pukul 5 sore dan melarang lembur.

Di Swedia, beberapa perusahaan mengubah jam kerja menjadi enam jam dalam sehari untuk meningkatkan produktivitas dan kebahagiaan. Pemerintah menganjurkan keluarga sering pergi ke taman, bermain, olahraga, dan bertamasya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pertemuan keluarga di depan perapian

3. Pertemuan keluarga di depan perapian

Di Denmark, terdapat satu kata yang berari menciptakan suasana nyaman dan menikmati hal-hal baik dalam hidup dengan keluarga, yaitu hygge. Duduk di depan perapian, mengenakan sweater, minum anggur, dan makanan lezat adalah pelengkap kata tersebut. Hygge mengajarkan solidaritas, kenyaman, dukungan dan perhatian dari orang terdekat.

4. Harapan yang realistis

Salah satu kunci kebahagiaan negara-negara Skandinavia adalah kemampuan untuk merumuskan harapan yang realistis tapi juga tidak berhenti bermimpi dan menetapkan tujuan yang ambisius.

Hal ini akan membuat diri Anda lebih bahagia karena tidak membandingkan diri dengan orang lain. Berhenti mengukur prestasi Anda dengan orang lain, Anda akan bergembira atas apa yang Anda telah miliki.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.