Sukses

Dosen UM Metro Lampung Gelar Pelatihan Publikasi Ilmiah bagi Guru

Liputan6.com, Jakarta Tim Pengabdian Masyarakat dari Universitas Muhammadiyah Metro Lampung bekerjasama dengan PDM Dikdasmen Kota Metro Lampung mengadakan Pelatihan penulisan publikasi artikel ilmiah dengan tema, Peningkatan Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah bagi Guru di Sekolah Muhammadiyah kota Metro.

Pelatihan yang ditujukan untuk melatih kompetensi dan kapasitas guru dalam menulis artikel ilmiah tersebut diikuti oleh 34 guru SMA, SMK, dan MTs Muhammadiyah di Lampung selama 2 hari. 

Workshop hari pertama diisi oleh 4 pemateri yang diberikan oleh Dr. H. Handoko Santoso, M.Pd., dengan materi berjudul, Kebijakan Kemendikbud tentang Karya Ilmiah sebagai Persyaratan Kenaikan Pangkat. Dr. H. Agus Sujarwanta, M.Pd dengan materi bertema Strategi Menulis untuk Publikasi Ilmiah.

Selain itu, pemateri Dr. H. Sudirman AM, M.Hum akan mengulas tema Sistematika Penulisan Artikel Pada Jurnal Lentera Pendidikan Puslit LPPM UM Metro, dan Hadi Pranoto, M.Pd., mengulas masalah tata cara daftar artikel online di OJS (Open Journal System) dan Petunjuk Penulisan Artikel Pada Jurnal Lentera Pendidikan Puslit LPPM UM Metro.

Pada hari kedua, peserta dibagi menjadi 4 kelompok untuk bimbingan klinik artikel atau pengajuan judul artikel ilmiah. Antusias dan rasa ingin tahu para guru yang tinggi dalam mengikuti pelatihan ini, dapat terlihat dari daftar tunggu. Artikel tersebut nantinya, akan diterbitkan oleh Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro periode tahun 2017-2021 dengan 2 kali terbit setiap tahunnya pada bulan Juni dan Desember.

Harapan dari kegiatan ini adalah para guru di sekolah Muhammadiyah menjadi lebih trampil dalam menulis artikel ilmiah. Selain itu, hasil karya ilmiah yang terpublikasi dalam jurnal ilmiah ber-ISSN dan OJS (Open Journal System) dapat dimanfaatkan untuk mengurus kenaikan pangkat para guru.

Penulis :

Hadi Pranoto, M.Pd.

Dosen Prodi BK FKIP Universitas Muhammadiyah Metro (Lampung)

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Volkschool, Sekolah Zaman Belanda Itu Kini Muncul di Jogja
Artikel Selanjutnya
Antusias, Sambutan Peserta Program #EnergiMudaPertamina‎