Sukses

6 Cara Mudah Atasi Smartphone yang Kehujanan

Jangan panik saat smartphone kamu basah karena air hujan atau smartphone kamu tercebur air.

Liputan6.com, Jakarta - Menyebalkan bukan saat smartphone kamu terkena air? Karena kemungkinan smartphone menjadi rusak dan harus membeli smartphone baru.

 

Apalagi saat ini di Indonesia, sudah mulai musim penghujan. Kadang hujan turun tiba-tiba saat kamu mungkin tidak ada persiapan. 

Jangan panik saat smartphone kamu basah karena air hujan atau smartphone kamu tercebur air. Agar smartphone basah kamu dapat terselamatkan dan nggak perlu membeli smartphone baru lagi, lakukan cara-cara berikut:

1. Jauhkan smartphone dari area yang basah, lalu matikan

Saat tiba-tiba terjebak hujan di jalan, mungkin kamu sedang menyimpan smartphone di saku celana. Jika ternyata celana kamu basah, segera pindahkan smartphone kamu ke area lain yang lebih kering. Setelah itu, segera matikan smartphone kamu.

Perlu diingat, meski tidak terlihat smartphone kamu terkena air hujan dengan parah, mematikan smartphone harus dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menghentikan aliran listrik di smartphone demi menghindari terjadinya korsleting.

2. Lepaskan semua komponen yang terpasang pada smartphone

Saat smartphone kamu benar-benar basah karena air hujan, segera lepas semua komponen yang terpasang. Bukan komponen mesin smartphone kamu ya, tapi komponen seperti hard case, baterai, kartu SIM dan microSD.

Cara mengatasi smartphone yang kehujanan ini bertujuan untuk menyelamatkan data-data di kartu SIM atau microSD kamu. Agar jika smartphone kamu tidak dapat terselamatkan, kamu masih punya data yang bisa kamu gunakan ke depannya.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini