Sukses

Curug Wanasuta, Tempat Selfie Kekinian di Banyumas

Liputan6.com, Jakarta Kabupaten Banyumas merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terkenal akan pariwisatanya. Beberapa di antaranya seperti Lokawisata Baturraden, Curug Nangga, Curug Cipendok, dan lain-lain. Wisata di Banyumas kebanyakan merupakan wisata alam karena berada dalam kawasan kaki Gunung Slamet. Namun untuk wisata kuliner pun tidak kalah terkenalnya.

Di Banyumas Barat, tepatnya di Desa Dermaji Kecamatan Lumbir, terdapat satu objek wisata baru, yaitu Curug Wanasuta. Warga sekitar sering memanggilnya Curug Wansut, yang tak lain kependekan dari Wanasuta. Curug Wanasuta berada di kawasan hutan negara yang dikelola oleh Perhutani.

Keberadaan Curug Wanasuta sebenarnya dari zaman dahulu sudah terkenal di sekitar Desa Dermaji, tapi belum diresmikan dan belum digarap seperti sekarang ini. Curug Wanasuta dahulunya sering dipandang sebelah mata oleh warga sekitar karena sering digunakan untuk tempat mesum.

Curug Wanasuta, Tempat Selfie Kekinian di Banyumas

Namun setelah adanya pengelolaan dari Perhutani dan Pemerintah Desa Dermaji, kini Curug Wanasuta sudah menjadi wisata baru, wisata primadona, dan tentunya menjadi salah satu kebanggaan warga Desa Dermaji.

Keunikan dari curug ini terdiri atas tiga tangga, atau orang Jawa menyebutnya undhak-undhak. Jadi semakin kita turun ke bawah semakin terlihat bagus pula guyuran airnya dan tentunya kita dapat bermandi ria di bawah derasnya air curug. Selain curug yang berundak-undak, keunikan lainnya yaitu Curug Wanasuta berada dalam kawasan hutan pinus, di mana kita akan merasakan semilir dedaunan yang tentunya sejuk dan membuat hati kita tenteram.

Walaupun masih baru namun fasilitas di sini sudah cukup memadai seperti adanya warung makan, toilet, gazebo, tempat parkir yang luas dan ada juga rumah pohon. Nah bagi kalian yang yang hobi banget selfie atau sekedar foto-foto di sini juga disediakan Deck Selfie yang terbuat dari kayu dan bambu.

Dari Deck Selfie tersebut kita bisa melihat pemandangan sekitar curug dengan jelas dan tentunya bikin kita merinding juga karena ketinggiannya yang luar biasa. Selain fasilitas diatas ada juga jembatan cinta jadi jembatan ini menghubungkan dua bukit di atas curug.

Untuk tarifnya bisa dikatakan sangat murah karena dengan uang Rp 2000 kita sudah bisa masuk kawasan wisata Curug Wanasuta, itu pun sudah termasuk biaya parkir di dalam. Bagi kalian yang ingin foto di Deck Selfie, kalian cukup merogoh kocek yang sama, yaitu Rp 2000.

Lokasi wisata Curug Wanasuta tidak sulit untuk diakses. Apabila dari Purwokerto kita ambil arah Gumelar, di pertigaan Desa Paningkaban kita ambil kiri arah Dermaji, Lumbir, lalu ikuti jalan sekitar 10 menit kita akan sampai di loket wisata Curug Wanasuta.

Kemudian jika kita melewati Jalur Selatan atau Lumbir di pertigaan Kedunggede masuk ke Utara (Alternatif Ajibarang) sekitar 10 menit, ikuti jalan dan kita akan sampai di loket wisata Curug Wanasuta. Untuk rutenya sendiri Curug Wanasuta hanya memiliki 1 rute jadi sangat memudahkan para wisatawan berkunjung. Dari parkiran kita akan menyusuri jalan setapak menurun sekitar 300-500 meter.

Wisata Curug Wanasuta saat ini menjadi salah satu objek wisata yang hits di sekitar Kabupaten Banyumas karena viral di berbagai sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter bahkan Blog. Saat ini Wisata Curug Wanasuta tidak pernah sepi pengunjung terlebih lagi ketika akhir pekan, bukan saja warga sekitar tetapi warga dari luar sangatlah membludak.

Untuk hari Minggu atau libur biasanya dipenuhi anak-anak, selain anak-anak banyak juga pengunjung remaja bahkan orang tua. Mereka biasanya menghabiskan hari libur di Curug Wanasuta dengan mandi di curug, selfie, maupun menikmati alam dengan jogrogan atau duduk santai. Selain pemandangan yang menakjubkan, wisata disini juga ngga nguras kantong lhooo....Gimana masih penasaran dan belum yakin? Ayo kunjungi Wisata Curug Wanasuta.

Penulis:

Pingky Anggraeni

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Artikel Selanjutnya
Bakso Panjang, Kuliner Kekinian yang Lezatnya Bikin Nagih
Artikel Selanjutnya
Suka Nyeker? Alas Kaki Kekinian Ini Cocok Dipakai Saat Liburan