Sukses

Dicela Guru Tak Bisa Gambar, Siswa Ini Ternyata Seniman

Liputan6.com, Jakarta Delwin Cheah seorang pengidap Sindrom Asperger yang kesulitan berkomunikasi dengan lingkungan ini awalnya dicela oleh gurunya sendiri. Di sekolah, oleh gurunya dicap sebagai anak yang tak bisa menggambar, karena memang Delwin tak seperti anak sebayanya. Karena sindrom yang ia idap, sangat mempengaruhi kemampuan motoriknya.

Kelainan Delwin itu terdeteksi saat ia berusia 5 tahun. Menurut ayahnya saat itu bocah seusia itu belum bisa mengucapkan kata-kata sederhana, bahkan termasuk kata yang sederhana seperti papa dan mama. Dia baru bisa berbicara saat usia 8 tahun.

Seperti dilansir nextshark, meski mempunyai kekurangan, ayah Delwin melihat kemampuan lain anak laki-lakinya itu. Ayahnya jeli melihat perkembangan setiap harinya. Delwin suka menghabiskan waktu berjam-jam dengan mencoret-coret di kertas. Karena itu ia memfokuskan anaknya untuk belajar menggambar. 

Dicela Gurunya, Siswa Pengidap Sindrom Asperger Ternyata Seniman

Ayah Delwin yang bernam Cheah dan istrinya memutuskan menyekolahkan anaknya ke sekoah seni. Namun saat mendaftarkan diri, hal buruk terjadi. Salah seorang guru seni di sekolah itu mengatakan, Delwin tak punya potensi menjadi seniman. Gambar yang dia hasilkan sangat buruk. 

Menghadapi itu, orangtua delwin marah karena mereka merasa sekolah tersebut tak pernah memberi kesempatan dulu pada anaknya. Namun mereka tak menyerah, kedua orangtua itu lalu mendaftarkan Delwin ke sekolah seni yang lain.

Di tempat inilah bakat seni Delwin terasah. Menurut salah satu  seniman veteran Teng Yin Teik lukisan Delwin memiliki "jiwa."

Dicela Gurunya, Siswa Pengidap Sindrom Asperger Ternyata Seniman

Karya-karya Delwin banyak menerima pujian dan pengakuan yang luas. Bahkan ia berhasil tercatat di Malaysia Book of Records untuk World’s Youngest Savant Artist

Delwin kini menjadi seniman muda yang menginspirasi banyak orang. Ia kemudian menggelar pameran tunggal dan bertemu dengan para bintang dunia seperti Michelle Yeoh.

Orangtua Delwin mengatakan, setelah pameran tunggalnya anaknya mempunyai lebih banyak kesempatan setelah mengadakan acara yang diselenggarakan oleh Nicholas Tse. 

Dicela Gurunya, Siswa Pengidap Sindrom Asperger Ternyata Seniman

Ayah Delwin menambahkan, jika seseorang diberi kesempata, dia akan memperoleh prestasi yang mengejutkan.

Bagaimana menurutmu?

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini