Sukses

Sulit Konsentrasi Saat Belajar, Coba Lakukan 3 Hal Ini

Liputan6.com, Jakarta Ujian bisa disebut sebagai sesuatu yang paling ditakuti baik bagi siswa ataupun mahasiswa. Kebanyakan dari para siswa menggunakan sistem kebut semalam, namun tak sedikit juga dari mereka yang sudah mempersiapkan diri sebaik mungkin dari jauh – jauh hari.

Kemalasan dan sulit berkonsentrasi biasanya menjadi masalah utama yang dihadapi para siswa untuk belajar. Banyaknya bahan ujian dan catatan membuat para siswa pesimis sebelum belajar dimulai.

3 tips dibawah ini dapat anda gunakan agar membuat proses belajar anda lebih  menyenangkan.

1. Buat catatan anda terlihat lebih menarik

Saat berada di kelas anda mungkin hanya menggunakan satu warna alat tulis, bisa berwarna hitam bisa juga berwarna biru. Jika semua catatan anda hanya memiliki satu warna, maka anda akan lebih cepat merasa bosan saat belajar. Untuk mengantisipasi hal tersebut, anda dapat menggunakan stabile warna warni untuk menandai hal – hal penting dalam catatan anda.

Jika saat dikelas anda memiliki alat tulis berwarna, maka gunakanlah palig tidak empat warna agar catatan anda terlihat lebih berwarna dan menarik.

2. Gunakan lagu atau instrument untuk membantu anda berkonsentrasi

Banyak dari anda yang membutuhkan suasana yang tenang untuk mendapatkan konsetrasi penuh, namun beberapa dari anda juga merasa lebih mudah untuk berkonsetrasi dengan bantuan musik instrument atau lagu.DIsarankan untuk memilih lagu yang anda sukai atau instrument yang tidak begitu keras agar menstimulasi otak agar lebih mudah berkonsentrasi.

3. Baca lalu tulis

Biasanya, anda akan membaca materi dalam buku lalu menghapalnya dengan cara mengulang – ulang. Anda dapat menggunakan cara yang lebih praktis yaitu dengan menuliskannya kembali. Setelah anda membaca materi dalam buku, anda dapat menuliskannya kembali dalam kertas kosong.

Diharapkan dengan menggunakan tiga cara diatas, anda dapat lebih mudah menghafal dan berkonsentrasi sehingga proses belajar anda berjalan dengan lancar.

Penulis :

Nadia Donna

Institut Pertanian Bogor

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Unik, Kafe Tidur Ini Dirancang untuk Warga Korsel yang Gila Kerja
Artikel Selanjutnya
5 Aplikasi Android Terbaik untuk Atasi Smartphone Panas