Sukses

Ilmuwan Ungkap Fakta Zealandia, Benua yang Tersembunyi

Selama ini yang kita ketahui bumi hanya memiliki 7 benua. Namun Ilmuwan ini menemukan fakta baru.

Liputan6.com, Jakarta Selama ini yang kita ketahui bumi hanya memiliki 7 benua, yaitu Afrika, Asia Antartika, Australia, Eropa, Amerika Utara dan Amerika Selatan. Kemudian National Geographic mencatat, beberapa ahli geografi mengungkapkan bahwa bumi hanya memiliki 6 benua, mereka menggabungkan Eropa dan Asia menjadi Eurasia. Namun fakta mengejutkan terbaru yang dikemukakan oleh ilmuwan adalah, bumi ternyata memiliki satu benua tersembunyi. Benua itu disebut Zealandia.

Kemunculan benua Zealandia ini bukan terbilang baru, bahkan benua ini sebenarnya telah lama tersembunyi. Menurut sebuah jurnal penelitian “Geological Society of America“ yang diterbitkan oleh GSA Today, mengungkapkan bahwa massa tanah yang baru ditemukan adalah 1,74 juta persegi. Namun, 94% dari massa tanah tersebut terendam di bawah permukaan air laut. Para ilmuwan menyebut benua Zealandia yang tersebunyi itu, mengacu pada Selandia Baru.

Para Ilmuwan mengatakan, bagian tertinggi dari benua Zealandia yang menjorok di atas permukaan air laut, adalah sebuah daratan yang selama ini kita kenal sebagai Selandia Baru dan Kaledonia Baru. Penemuan benua baru Zealandia telah melalui proses yang panjang, dimulai pada tahun 1960-an ketika Selandia Baru memulai pengeboran minyak di lepas pantai. Pengeboran minyak inilah yang sebenarnya menyebabkan penemuan benua Zealandia.

Ketika Selandia Baru terus melakukan pengeboran minyak, para ahli geologi menemukan sesuatu yang mencengangkan, mereka semua menegaskan bahwa mungkin saja ada saluran kerak benua berukuran besar yang tersembunyi jauh di bawah laut Selandia Baru dan Kaledonia Baru. Citra satelit dan scan seismik juga digunakan untuk menyelidiki daerah tersebut. Akhirnya, itu menegaskan bahwa ada daratan yang terendam air laut.

Setelah menemukan fakta tersebut, para peneliti melakukan konsolidasi temuan mereka dan semua studi penelitian terus dilakukan di daerah tersebut. Selanjutnya, setelah mereka malakukan klarifikasi, dan ternyata daratan tersebut memenuhi faktor-faktor untuk dapat dikatakan sebagai sebuah benua, yaitu memiliki 3 jenis batuan (batuan beku, metamorphic, dan sedimen). Selain itu, dataran memiliki kerak tebal dibanding dengan dasar laut. Secara keseluruhan, penemuan ini menunjukkan bahwa ada lebih banyak hal yang masih tersembunyi di bumi tempat kita hidup. Sebuah benua baru kini telah ditemukan, benua itu bernama Zealandia.

Penulis:

Soyid Prabowo

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini