Sukses

4 Menu Nikmat yang Bisa Kamu Buat dengan Aquafaba

Bagi anda yang tidak mengkonsumsi telur atau seorang vegetarian maka Aquafaba bisa menjadi pilihan yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Aquafaba, apa sih Aquafaba itu?. Jika kamu bekerja atau ahli di bidang makanan maka sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Aquafaba. Aquafaba merupakan cairan dari hasil memasak kacang – kacangan.

Cairan ini memiliki tekstur dan bentuk yang sama dengan putih telur mentah. Untuk mendapatkan Aquafaba, kamu cukup menuangkan cairan yang dihasilkan dari kacang lalu aduk hingga mengental.

Bagi kamu yang tidak mengkonsumsi telur atau seorang vegetarian maka Aquafaba bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu dapat menggunakan Aquafaba sebagai pengganti dalam memasak, berikut adalah empat makanan nikmat yang dapat Anda buat dengan Aquafaba.

1. French Toast

Untuk membuat French Toast, yang diperlukanadalah ½ cup Aquafaba, ½ cup susu, 2 sendok teh gula pasir, 1 sendok teh vanilla dan 6 – 8 potong roti. Pakai Aquafaba saat mencampurkan susu, gula pasir, dan vanilla di dalam satu mangkuk besar. 

2. Crepes

Dalam pembuatan Crepes, kamu dapat menggunakan Aquafaba untuk mendapatkan adonan yang lebih putih dan lembut. Pastikan kamu mengaduk Aquafaba terlebih dahulu.

3. Kue Coklat

Siapa yang menyangka Aquafaba bisa dipakai sebagai pengganti putih telur dalam pembuatan kue coklat. Bagi yang vegetarian, maka gunakanlah produk non dairy milk seperti susu almon.

4. Nasi Goreng

Makanan yang berbahan dasar nasi dan telur ini bisa membuat lidahmu bergoyang. Jika kamu seorang vegetarian atau bukan pemakan telur, maka buatlah nasi goreng dengan menggunakan Aquafaba. Kamu juga dapat mencampurkan sayur – sayuran kedalamnya.

Penulis :

Nadia Donna

Institut Pertanian Bogor

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @SahabatLiputan6

 

n6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.