Sukses

6 Peraturan Sekolah Unik Ini Hanya ada di Jepang

Liputan6.com, Jakarta Salah satu cara memperbaiki masa depan adalah dengan pendidikan. pendidikan dasar sangat penting untuk membentuk karakter anak-anak di masa depan. Karena itu, model pendidikan dasar sangat penting agar anak menjadi pribadi yang tangguh, pantang menyerah dan bertanggungjawab.

Untuk membentuk karakter tersebut, di sekolah-sekolah dasar diterapkan peraturan-peraturan unik yang berbeda di tiap negara. Ada sekolah yang membuat aturan lebih longgar, ada yang super ketat dan disiplin mati.

Jepang, salah satu negara maju ini mempunyai peraturan-peraturan yang unik, hanya ada di negeri matahari terbit ini, tidak ada di negara manapun di dunia.

Dilansir dari lifebuzz.com, berikut 6 peraturan unik tersebut:

1. Harus tepat waktu

Salah satu kunci Jepang dalam menjadi negara maju adalah disiplin mati. Artinya mereka telah mempunyai kesadaran pentingnya mengatur waktu. Sehingga mereka tak akan menyia-nyiakan untuk hal-hal yang tidak penting.

Hal ini ternyata telah diajarkan pada anak-anak sejak berada di sekolah dasar. Di negeri ini, anak-anak masuk sekolah pukul 08:30 pagi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2

2. Setiap siswa adalah petugas kebersihan

Di Jepang, setiap sekolah mewajibkan siswanya menjadi petugas kebersihan. Setiap pagi mereka harus membersihkan lantai, tempat belajar mereka secara bersama-sama. Dari kegiatan ini, seluruh siswa akan merasakan tanggungjawab untuk menjaga kelas tetap bersih.

Tugas mereka adalah menyapu, mengepel, menghapus coretan di dalam kelas dan lingkungan sekolah.

3 dari 6 halaman

3

3. Makan siang di ruang kelas.

Sekolah di Jepang mempunyai peraturan yang cukup unik. Anak-anak sekolah diwajibkan makan siang di sekolah, di dalam kelas. Mereka makan bersama-sama dengan teman-teman.

Saat makan siang, tiap anak tidak boleh menyia-nyiakan makanan yang disediakan. Mereka juga harus menghabiskan menu makanan yang ada di dalam box-nya.

4 dari 6 halaman

4

4. Harus berolahraga renang.

Kebanyakan sekolah dasar di Jepang mempunyai kolam renang. Sehingga aktivitas fisik yang menyehatkan ini menjadi bagian penting dalam kurikulum sekolah.

Pelajaran olahraga, terutama berenang menjadi hal yang serius di tiap sekolah di Jepang. Mereka memahami, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

5 dari 6 halaman

5

5. Dilarang Berdandan sama sekali.

Seluruh siswa di Jepang dilarang berdandan sama sekali ke sekolah. Baik anak perempuan, apalagi laki-laki tidak boleh memakai bedak, mewarnai rambut, memakai cat kuku,  memakai lipstick dan bahkan untuk melentikkan bulu mata.

Anak sekolah harus tampil polos tanpa polesan sama sekali.

6 dari 6 halaman

6

6. Ssiwa dilarang berpacaran

Sekolah Menengah di Jepang melarang seluruh siswanya berpacaran. Selain masih di bawah umur, pacaran dianggap bisa menganggu konsentrasi dalam memahami pelajaran. Bagaimana dengan sekolah di Indonesia?

Selain keenam peraturan tersebut, sekolah di Jepang juga mempunyai peraturan unik lainnya, adik kelas harus menghormati kakak kelasnya, ke sekolah tidak boleh membawa ponsel dan tidak ada guru pengganti.

Bagaimana menurutmu?

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini