Sukses

Tebak Nama Orang dengan Melihat Wajahnya, Caranya?

Para peneliti mengumpulkan foto-foto wajah orang dan meminta responden untuk menebak namanya

Liputan6.com, Jakarta Kamu adalah apa yang kamu makan, dan nampaknya ungkapan itu juga berlaku untuk, kamu adalah apa yang orang-orang panggil. Sebuah penelitian mengungkapkan, wajah orang ternyata bisa dilihat dari namanya. Pun sebaliknya, nama orang bisa dilihat dari wajahnya.

Para peniliti di Universitas Ibrani, Yerussalem ingin mengetahui apakah nama seseorang termasuk harapan yang terkait, dapat memengaruhi penampilan wajah mereka.

Tim peneliti lalu memutuskan untuk memulai dengan melihat hubungan antara nama seseorang dengan wajah mereka. Temuan mereka kemudian ditulis di dalam Journal of Personality and Social Psychology.

Para peneliti mengumpulkan foto-foto wajah orang dan meminta responden untuk menebak namanya. Hasilnya, sebanyak 25% responden dapat menebak nama orang di dalam foto secara acak. Sedangkan 38% responden menjawab benar ketika peneliti memberikan 4 nama pilihan.

"Secara statistik itu hasil yang siginifkan," ujar Ruth Mayo, psikolog sekaligus ketua tim peneliti.

Mayo yakin wajah orang terlihat seperti nama mereka. Menurut Mayo, hal itu terjadi karena nama adalah sebuah harapan yang akan membentuk manusia.

Gagasan Mayo didasari pada teori name-guess, kemampuan alami yang dimiliki manusia untuk menebak nama sesuatu. Name-guess bahkan kini dijadikan satu sistem algoritma komputer yang dirancang para ilmuwan di Universitas Ibrani untuk menebak nama berdasarkan wajah.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan jenis kelamin dan stereotip ras mempengaruhi penampilan seseorang. Para peneliti berhipotesis  nama seseorang dapat mempengaruhi penampilan dalam cara yang sama.

"Nama merupakan faktor sosial dari luar. Berbeda dengan faktor sosial seperti gender, etnis yang mempresentasikan status sosial," jelas Mayo.

"Nama kita bisa diperlihatkan dari wajah kita. Nama dapat mengilustrasikan kekuatan besar yang berpotensi untuk mempengaruhi status sosial."

(War)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini