Sukses

Meski Beriklim Panas, Arab Saudi Punya Lembah Indah dan Abadi

Sebagian besar wilayah Arab Saudi berupa gurun pasir. Beriklim panas terik dan tak banyak angin yang berhembus.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar wilayah Arab Saudi berupa gurun pasir. Beriklim panas terik dan tak banyak angin yang berhembus. Hampir tidak ada sungai atau danau permanen di negeri ini kecuali wadi.

Wadi adalah daerah bekas sungai yang mengering. Wadi akan teraliri air jika ada hujan yang turun. Keberadaan wadi ini tak pernah bertahan lama.

Tetapi di bagian barat daya Jazirah Arab, ada sebuah lembah indah yang tak pernah kering. Dialiri air sepanjang masa tanpa menunggu hujan. Namanya lembah Yiba yang berada di wilayah Tihamah.

Dalam bahasa Arab, asal kata Tihamah adalah at-taham yang artinya sangat panas, dan tenang alias tidak ada angin. Maka di Jazirah Arab, keberadaan Lembah Yiba amatlah penting.

Lembah ini terbentuk dari Pegunungan Shomran dan Balgran dan mengalir dekat pusat al Quoz, selatan Provinsi Qunfudah dari wilayah Mekah.

Penduduk setempat memanfaatkan Lembah Yiba untuk menunjang peternakan. Karena di lembah sepanjang 140 kilometer ini, dipenuhi rerumputan hijau dan aneka macam flora.

Lembah Yiba merupakan tempat persinggahan unggas-unggas yang bermigrasi.

Dilansir Al Arabiya berikut foto-foto Lembah Yiba.


(War)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.