Sukses

Gowok, Tradisi Jawa Tingkatkan Keperkasaan Pengantin Pria

Tradisi Gowok dimaksudkan untuk mengajari para remaja pria agar bisa menjadi pria dewasa.

Liputan6.com, Jakarta - Gowok adalah tradisi yang mungkin dianggap cukup tabu dan tidak banyak orang yang mau terbuka dalam membahasnya. 

Tradisi yang konon berasal dari Tiongkok, dan sudah ada di Jawa ini bisa dibilang tradisi untuk mengajari para remaja pria agar bisa menjadi pria dewasa.

Dewasa yang di maksud ini adalah bisa memahami dengan benar seluk beluk tubuh seorang perempuan. Ada beberapa cerita menarik mengenai tradisi yang satu ini. Bahkan hingga dijadikan novel yang dibuat dengan latar tradisi Gowok yang sangatlah fenomenal. 

Konon katanya tradisi ini diawali seorang perempuan bernama Goo Wook Niang. Goo Wook Niang merupakan seorang perempuan dari Tiongkok yang disebut sudah membawa tradisi Gowok ke tanah Jawa. Mungkin saja kamu sedikit bisa mengira-ngira dari mana nama Gowok itu sendiri berasal.

Nama Gowok diambil dari nama Goo Wook Niang sendiri. Karena lidah orang - orang Jawa di kala itu cukup sulit dalam melafalkan nama lengkap Goo Wook maka dipersingkatlah menjadi Gowok saja.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

(ul)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.