Sukses

Program Indonesia Kita, Mengajak Peka terhadap Budaya Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Program Indonesia Kita Kembali hadir pada Maret 2017 dengan tajuk "Presiden Kita Tercinta". Tema yang diangkat adalah "Lintas Benua, Silang Budaya". Kegiatan ini merupakan pertunjukan ke-23 dari Program Indonesia Kita 2017 yang didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation.

Lintas Benua Silang Budaya ini nantinya akan menampilkan empat pertunjukan sekaligus. Di antaranya, Presiden Kita Tercinta, Rampak Gerak Nusantara, Tiga Generasi Wayang, Pantura: Pintu Pergaulan Dunia.

Pertunjukan yang dirumuskan Tim Kreatif Indonesia ini bertujuan untuk memperlihatkan perjalanan kebudayaan Indonesia. Termasuk menggambarkan kondisi politik di Indonesia yang memanas dalam lakon "Presiden Kita Tercinta"

Akan banyak muncul pertikaian yang menarik dalam pertunjukan "Presiden Kita Tercinta". Mulai dari isu makar, berebut dan saling menjatuhkan kekuasaan dengan cara yang sedang memanas saat ini, seperti saling melaporkan, fitnah, dan pemberitaan hoax.

Pertunjukan Presiden Kita Tercinta yang pernah masuk 5 Besar Naskah terbaik Federasi Teater Indonesia ini akan dilaksanakan di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat.

Acara yang akan di helat pada 10-11 Maret 2017 ini akan diisi oleh pelakon profesional seperti Cak Lontong, Akbar, Marwanto, Trio GAM (Gareng, Joned, Wisben), Yu Ningsih, dan lainnya.

Agus Noor, yang menjadi sutradara pertunjukan ini nantinya juga akan menggandeng beberapa seniman dari kelompok seni pertunjukan lainnya sepeerti Teater Koma, maestro tari Tom Ibnur, dan dalang asal Bali I Made Sidia.

Program Indonesia Kita yang sudah berjalan tujuh tahun ini kelak akan menjadi "laboratorium kreatif" bagi pentas dari berbagai seniman, baik lintas bidang, lintas kultural, dan lintas generasi, yang akhirnya dapat dipahami sebagai proses menjadi Indonesia yang peka terhadap budaya negeri sendiri.

 

Penulis:

Ilham Pratama

Universitas Moestopo (Beragama)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Artikel Selanjutnya
Pekan Komunikasi Sosial ke-51 Bangkitkan Kearifan Lokal
Artikel Selanjutnya
Mengenal Ragam Budaya di Jakarta dalam Tarian dan Gerakan Tubuh