Sukses

Musim Kawin Katak Datang, Jalan Raya Pennsylvania Ditutup Total

Mereka beramai-ramai keluar untuk mencari pasangan selama musim kawin

Liputan6.com, Jakarta Layanan Taman Nasional Pennsylvania menutup semua jalan raya di kawasan Taman Wisata Delaware Water Gap. Alasannya musim kawin katak, salamander, dan binatang amfibi lainnya telah datang.

Petugas Taman, Kathleen Sandt mengatakan alasan penutupan berkenaan dengan menyebarnya ratusan ekor katak di jalan. Mereka beramai-ramai keluar untuk mencari pasangan selama musim kawin.



"Tahun ini, jalanan kami tutup lebih awal. Ini tidak pernah kami lakukan sebelumnya," ujar Sandt sebagaimana dilansri My Newshub.

Pada tahun sebelumnya, musim kawin binatang amfibi itu terjadi antara pertangahan Maret hingga pertangahan April. Namun karena tahun ini datang lebih cepat, maka pihak taman terpaksa melakukan penutupan jalan lebih cepat pula.

Jika tidak ditutup, ribuan amfibi itu akan tergilas roda kendaraan dan menyebakan gangguan ekosistem yang fatal. Jalan raya di kawasan itu termasuk kawasan yang ramai lalulintas.

"Maka jalan itu hanya akan ditutup mulai setiap pukul 5 pagi hingga pukul 6.30 waktu setempat," ujarnya.

Sandt menambahkan, bagi pengemudi yang kedapatan menerobos jalan raya itu, akan dikenakan denda yang berat. Denda berkisar antara 50-150 dolar atau setara Rp 700.000- 2000.000.

"Tidak menutup kemungkinan kami akan mempidanakan pelanggar jika sampai melukai pejalan kaki," Sandt menambahkan.

Kendati demikian, penutupan jalan itu memberi kesempatan bagi pejalan kaki untuk melihat langsung proses kawin para amfibi termasuk proses bertelur, dan sahut-sahutan suara katak yang mengagumkan.

(War)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini