Sukses

Berkarya Bersama dalam Keberagaman SMP Labschool Kebayoran

Liputan6.com, Jakarta Masa remaja adalah masa di mana pertemanan itu penting. Solidaritas antar teman bisa sangat kuat dan mempengaruhi perilaku mereka. Sayangnya tidak semua pertemanan itu menghasilkan hal yang positif. Bagaimana membentuk lingkungan pergaulan remaja agar selalu membawa perubahan yang positif adalah tantangan tersendiri.

Ibu Yati Suwartini, M. Pd. selaku kepala sekolah SMP Labschool menyadari betul akan hal itu. Salah satu cara yang dilakukan oleh sekolah tempat beliau mengabdi adalah memberikan ruang seluas-luasnya bagi anak-anak untuk berkarya secara kolektif. ACEX, sebuah ajang art, culture, education and sport exhibition merupakan program unggulan SMP Labschool Kebayoran.

Berkarya bersama dalam Keberagaman SMP Labschool Kebayoran

Suatu kegiatan untuk memberi apresiasi bagi para siswa tumbuh, berkembang, dan meningkat kreativitasnya. Kesempatan mengaktualisasikan diri seperti inilah akan menjadi modal dasar bagi pembentukan kepribadian yang utuh, peduli akan diri dan sesamanya. Untuk itu seluruh kepanitiaan dikerjakan langsung oleh murid kelas 8 atau angkatan 15 SMP Labschool Kebayoran.

Mereka bersama-sama belajar mengelola kegiatan yang besar untuk ukuran anak SMP. Tantangan yang tidak mudah tetapi jika berhasil akan melahirkan anak-anak yang percaya diri dan saling mendukung satu dengan yang lain.Terbukti, pada tanggal 4 Maret 2017 pada acara penutupan ACEX 2017, acara berjalan sukses, meriah dan anak-anak yang semakin kompak.

Berkarya bersama dalam Keberagaman SMP Labschool Kebayoran

Tidak bisa dipungkiri dalam perjalanan mengelola kegiatan ini banyak percekcokan dan friksi antar teman, tetapi seperti pidato ketua panitianya yaitu Firza Adeva kelas 8A yang mengatakan : kegiatan ini adalah karya bersama, bukan karya ketua atau wakilnya. Bersama-sama bahu membahu mewujudkan ACEX supaya bisa berjalan dengan sukses dan satu angkatan semakin kompak dan solid apapun perbedaannya.

Berkarya bersama dalam Keberagaman SMP Labschool Kebayoran

Setiap pesta selalu akan ada akhirnya, begitu juga ACEX 2017. Mereka telah sukses menyelenggarakan perlombaan Tari Saman, Fotografi, Puisi, Jurnalistik, Social Science competition, Futsal, Basket, Bulutangkis, Solo Singer, Science Competition, Math Competition, Story Telling.

Dan diikuti 66 sekolah ( 44 SMP dan 22 SD) se- Jabodetabek. Serta kegiatan lain seperti LICD (Labschool International Culture Day) serta lomba stand & fashion show nasional & international antar kelas. Walaupun semua rangkaian kegiatan sudah berakhir tetapi pengalaman dan kesan yang akan tertinggal di hati anak-anak akan terus melekat hingga mereka besar nanti. Pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Berkarya bersama dalam Keberagaman SMP Labschool Kebayoran

Pembelajaran yang sungguh berharga bagi anak-anak SMP Labschool Kebayoran. Kagum dan bangga melihat karya mereka di ACEX 2017. Walaupun waktu yang mereka miliki untuk merancang serta menyelenggarakan kegiatan ini sungguh sedikit, karena tidak boleh mengganggu proses belajar, tidak mengurangi kualitas acara yang dihasilkan. Pertemanan yang solid melampaui segala perbedaan telah menghasilkan karya hebat. Selamat.

Penulis:

POMB Labschool Kebayoran

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6