Sukses

Serunya Weekend Class #4 Campus CJ Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Newsroom liputan6.com kedatangan 15 mahasiswa dari beberapa universitas di Jakarta. Beberapa dari mereka, termasuk saya, berasal dari jurusan ilmu komunikasi. Tapi ada juga yang berasal dari jurusan manajemen, broadcasting dan ilmu pemerintahan.

Kedatangan kami yakni untuk mengikuti acara Weekend Class #4 yang diselenggarakan oleh campuscj6, Liputan6.com. Acara diselenggarakan pukul 13.00 hingga 17.00. Weekend class kali ini membahas tentang penulisan artikel Health dan Creative Writing. Pembicaranya, tentunya, dari liputan6.com.

Untuk artikel mengenai Health atau kesehatan, dibimbing oleh Kak Fitri selaku editor kanal health. Sedangkan untuk creative writing atau artikel kreatif, dibimbing oleh Kak Azwar selaku editor kanal citizen6.Acara weekend class ini benar-benar gak kaku seperti acara seminar atau belajar di kampus dengan dosen.

Sistemnya seperti kelas sharing, jadi boleh saling berdiskusi. Meskipun para editor ini menurut saya sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing, tapi mereka mengaku, masih terus belajar sampai saat ini. Dan bersedia membagikan pengalamannya dengan teman-teman mahasiswa.

Pada sesi pertama, Kak Fitri menjelaskan, untuk menulis artikel di media online, kita harus bisa memberi judul yang menarik. Hal ini sangat penting, karena dari situlah awal ketertarikan pembaca untuk akhirnya mau klik dan membaca artikel tersebut. Selain itu artikel harus ringkas, jelas dan mudah dipahami. "Bekerja di kanal Health seru banget, jadi lebih sadar untuk terus jaga kesehatan. Bisa kenal dan mewawancarai banyak dokter, juga menambah wawasan di bidang kesehatan", ujar wanita asal Bandung itu.

Lanjut di sesi kedua, Kak Azwar berbagi tips untuk dapat menulis artikel kreatif. Artikel kreatif merupakan artikel yang menggunakan sudut pandang (angle) unik, beda, lucu dan menarik untuk dibaca. Yang serunya, di sesi kedua diadakan semacam lomba menulis. Pemenangnya mendapatkan souvenir dari liputan6.com di akhir acara.

Jadi kita diajak untuk langsung berlatih menulis. Awalnya kita diberikan materi yang berisikan 5W1H yang berasal dari video singkat salah satu youtuber. 20 menit kemudian, setelah semua selesai menulis, tulisan pun dikumpulkan. Kebetulan tulisan saya dibacakan saat itu untuk dibantu koreksi oleh kak Azwar.

"Saya lihat teman-teman masih sering menggunakan kata-kata bahasa Inggris dalam artikel yang kalian buat. Saran saya, hindarilah istilah-istilah asing tersebut karena belum tentu semua pembaca tahu apa arti kata tersebut." Jelas kak Azwar saat mengoreksi hasil tulisan saya.

Nah bagi kamu yang mau ikutan weekend class selanjutnya, silakan ikuti terus update instagram @campuscj6. Acara ini terbatas hanya untuk 15 mahasiswa di setiap edisinya. Siapa cepat dia dapat. Selamat mencoba teman-teman, semoga beruntung.

Selengkapnya baca artikel ini DISINI.

Penulis :

Putri Ahsani Rangkuti

Universitas Terbuka

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Saksikan Live Streaming Malam Puncak HUT ke-27 SCTV
Artikel Selanjutnya
Yuk, Nonton Acara-Acara Seru di Ultah Ke-27 SCTV