Sukses

Merah Putih Siap Berkibar di Puncak Tertinggi Timur Tengah

Liputan6.com, Jakarta Akhir-akhir ini banyak berita miring mengenai mapala di Indonesia. Seakan mapala tidak lagi bisa menunjukkan prestasi, dan berguna bagi masyarakat. Tapi, berberda dengan mahasiswa pecinta alam UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Arkadia bersiap dalam Ekspedisi Raya Arkadia dengan mendaki gunung es di Iran.

Ekspedisi Raya Arkadia ini, adalah dalam rangka 60 tahun hari jadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang ke 60. Arkadia sendiri memiliki tugas tugas mulia nantinya di Iran. Mereka akan mengibarkan bendera Indonesia di puncak tertinggi di timur tengah. “Sebagai kampus Islam, maksud kami memilih Iran dan gunung Damavand, karna kami ingin menunjukkan negara Indonesia dan Iran sebagai negara mayoritas muslim, mampu bersinergi baik dan bertoleransi”, ucap Aminullah sebagai ketua pelaksana Ekspedisi Arkadia Raya.

“Dengan tertancapnya nanti bendera Indonesia di puncak Damavand, berarti kami telah membawa dan menyebarkan sikap tolerannya orang Indonesia”, tambah Adnan Sulistyo sebagai ketua dari Mapala UIN Jakarta, Arkadia. Tentunya hal ini akan menjadi sejarah pertama bagi dunia pendakian di kalangan mahasiswa Indonesia, yang menjajal gunung es, Damavand di Iran.

Karena Gunung dengan ketinggian 5.610 Mdpl ini, sebelumnya hanya didaki oleh 2 tim Wanadri, dan tim Ekspedisi karpet yang beranggotan ibu ibu 50 tahun. Arkadia direncanakan akan memulai pendakian gunung Damavandnya pada April 2017. Untuk kesiapan Arkadia, Adnan menjelaskan bahwa Arkadia hanya tinggal masa pematangan.

“Kesiapan kita sejauh ini sudah 80% ya. Kalau latihan fisik dan mental sudah setiap sore hingga malam. Sekarang dalam pematangan teknik mendaki gunung es dan juga bahasa”, ujar Adnan. Selain didukung oleh kampus UIN Jakarta sendri, dan beberapa sponsor lainnya. Kegiatan Ekspedisi Raya Arkadia yang akan menghabiskan dana lebih dari 200.000.000 juta ini, juga sudah di support Dinas Pariwisata DKI Jakarta.

Nantinya kegiatan Ekspedisi Raya Arkadia di Iran ini, bukan hanya pendakian dan mengibarkan bendera Indonesia saja saja di puncak gunung. Tapi juga di ikuti dengan Pameran Budaya yang telah di dukung oleh KBRI di Iran.

Penulis :

Ilham Pratama

Universitas Moestopo

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

 

Artikel Selanjutnya
Misi Trio Unair Kibarkan Merah Putih di Alaska
Artikel Selanjutnya
5 Mahasiswa RI Kibarkan Bendera Merah Putih di Gunung Australia