Sukses

Teka-Teki Munculnya Komodo di Google Doodles

Liputan6.com, Jakarta Ada Komodo di Google Doodles loh, pasti kalian bertanya-tanya alasannya kenapa ya? Senin (6/3) ternyata Google menyambut hari jadi Taman Nasional Komodo yang ke-37. Taman Nasional Komodo terletak di antara Parovinsi Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Taman nasional ini terdiri atas tiga pulau besar Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar serta beberapa pulau kecil. Wilayah darat Taman Nasional ini 603 km² dan wilayah total adalah 1817 km².

Komodo adalah spesies endemik dari reptil purba yang telah hidup sejak zaman kuno. Evolusi Komodo dragon dimulai dengan Varanus genus yang mulai berkembang di Asia antara 40-25 juta tahun lalu. Komodo ini adalah kerabat dekat dari dinosaurus. Hal ini terlihat dari penemuan fosil dinosaurus yang menunjukkan struktur tubuh yang memiliki kesamaan dengan naga. Berikut teka-teki yang akan muncul ketika kita klik gambar Komodo di Google Doodles :

1 . Apakah Komodo kadal terbesar di planet ini ?

Komodo dragon (Varanus komodoensis) bisa saja salah satu dari anologi pencitraan dari naga, komodo hanya bisa ditemukan di 3 pulau kecil Indonesia yang ditemukan pada tahun 1912, komodo dapat mencapai ukuran 3 meter (10 kaki) dan dikenal sebagai kadal terbesar di dunia.

2. Apakah Komodo pemakan cahaya ?

Komodo memangsa langsung makanannya (seperti Kijang, Kerbau, dsb) tanpa mengunnyahnya, setelah memakannya komodo dapat beristirahat selama 1 bulan penuh tanpa makan sedikitpun. Mereka bisa makan lebih dari 50% dari berat badan mereka sendiri dalam satu kali makan.Walaupun setelah makanbiasanya komodo membawa dirinya untuk mencari sinar matahari yang berfungsi untuk mempercepat proses penyernaannya.

3. Apakah Komodo memiliki rasa penciuman yang tajam?

Komodo menggunakan lidahnya untuk mendeteksi rasa dan mencium mangsa, seperti reptil lainnya, dengan indera vomeronasal memanfaatkan organ Jacobson, suatu kemampuan yang dapat membantu navigasi pada saat gelap. Dengan bantuan angin dan kebiasaannya menelengkan kepalanya ke kanan dan ke kiri ketika berjalan, komodo dapat mendeteksi keberadaan daging bangkai sejauh 4-9 kilometer. Lubang hidung komodo bukan merupakan alat penciuman yang baik karena mereka tidak memiliki sekat rongga badan. Hewan ini tidak memiliki indra perasa di lidahnya, hanya ada sedikit ujung-ujung saraf perasa di bagian belakang tenggorokan.

4. Apakah Komodo adalah hewan yang lembut dan ramah?

Komodo adalah hewan karnivora (pemakan daging). Walaupun mereka kebanyakan makan daging bangkai, penelitian menunjukkan bahwa mereka juga berburu mangsa hidup dengan cara mengendap-endap diikuti dengan serangan tiba-tiba terhadap korbannya.

5. Apakah Komodo asli Pulau Galapagos?

Komodo, kadal purba asli Indonesia, Komodo merupakan endemik Indonesia. Artinya, reptil purba ini tak ditemukan di mana pun di belahan bumi ini, kecuali di kawasan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur. Hewan mirip kadal raksasa tersebut tersebar di Pulau Komodo, Pulau Rinca, Pulau Gili Morangdan Pulau Nusa Kode yang berada di kawasan Taman Nasional Komodo.

Demikianlah teka-teki Komodo Doodles, seru bukan dan menambah pengetahuan baru mengenai salah satu hewan yang dilindungi di Indonesia. Katakan Stop untuk memburu mereka!!! Sayangilah mereka yang hampir punah, semoga cucu kita dapat melihat langsung keberadaan dari fauna langka ini.

Penulis :

Annisa Rahmawati

BSI

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Belalang Batang, Serangga Langka Teman Traveler di Pulau Komodo
Artikel Selanjutnya
5 Surga Ular Mematikan di Planet Bumi